get app
inews
Aa Read Next : Ingin Jadi Bupati, Ganjar Angkat Mahasiswa di Kupang Jadi Kader PDIP

Pemerintah Amerika Serikat Menghapus Utang Dana Pendidikan dari 804.000 Mahasiswa

Selasa, 15 Agustus 2023 | 07:52 WIB
header img
Presiden Amerika Serikat, Joe Biden. (Foto: Reuters)


WASHINGTON, iNewsBelu.id - Pemerintah Amerika Serikat (AS) memutuskan menghapus utang dana pendidikan dari 804.000 mahasiswa. Hal itu disebabkan temuan kesalahan administrasi yang menyebabkan para peminjam membayar selama puluhan tahun tanpa ada keringanan.  

Pemerintahan Joe Biden tengah mendapat kritikan tajam terkait program income-driven repayment (IDR), kredit dana pendidikan yang diberikan kepada mahasiswa dengan rencana pembayaran berbasis pendapatan. Program ini memungkinkan utang dana pendidikan mendapat keringanan hingga dihapus oleh pemerintah federal setelah pembayaran dilakukan selama 20 atau 25 tahun.   


Namun beberapa peminjam melaporkan telah membayar sekitar 20-25 tahun tanpa ada keringanan atau penghapusan utang dana pendidikan. Hal itu membebani pendapatan mereka selama beberapa dekade. 

Presiden Joe Biden menyebut program tersebut merupakan sistem pinjaman dana pendidikan yang rusak, dan telah memerintahkan Menteri Pendidikan untuk menghapus utang dana pendidikan mahasiswa. Ditetapkan bahwa jika peminjam melakukan pembayaran selama 20 atau 25 tahun, maka mereka mendapatkan sisa saldo pinjaman mereka yang dihapuskan. 

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Berita iNews Belu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut