get app
inews
Aa Read Next : Pemkab Belu Gelar Vaksinasi Booster Massal Selama Dua Hari

Kekeringan Makin Meluas Warga Belu NTT Mulai Kesulitan Air Bersih

Senin, 19 Juni 2023 | 20:48 WIB
header img
Inilah potret warga Desa Tulakadi, Kecamatan Tastim, Belu NTT dalam mencari air. foto iNews TV/ Evan D Payong.

ATAMBUA, iNewsBelu.id - Dampak kekeringan akibat musim kemarau kini mulai dirasakan masyarakat Kabupaten Belu Nusa Tenggara Timur. 

Hal ini sama seperti yang dialami warga masyarakat Desa Tulakadi, Kecamatan Tasifeto Timur, Kabupaten Belu yang harus rela berjalan kaki mendorong gerobak demi mendapatkan setitik air bersih untuk bisa diminum.

Menurut warga kesulitan air bersih ini merupakan persoalan yang hampir setiap tahun mereka rasakan namun tidak pernah ada solusi yang ditawarkan oleh pemerintah untuk bisa mengatasi persoalan ini, warga juga kini hanya bisa pasrah dan menerima keadaan ini karena bersyukur masih mendapatkan sumber air yang masih bisa di dapat untuk bisa diminum.

Beginilah keseharian warga Desa Tulakadi di waktu siang maupun diwaktu sore hingga malam hari, dengan berjalan kaki menggunakan gerobak para warga ini mencari sumber mata air yang masih bisa mereka gunakan untuk memenuhi kebutuham mereka setiap harinya. Meskioun terlihat kotor dan tidak sehat untuk di kosumsi namun bagi warga setempat ini merupakan berkat dari Tuhan yang masih mereka terima di tengah kemarau melanda.

Dani Dacosta Pemuda warga Desa Tulakadi di temui iNews saat sedang mengambil air mengatakan kegiatan mengambul air ini dilakukannya bersama warga kain nya hampir setiap hari sejak pagi hingga sore bahkan sampe dengn malam hari, karena ini merupakan satu satunya sumber air yang masih adaa dan bisa di manfaatkan oleh warga.

Memang kelihatan tidak bersih dan kotor namun ini merupakan harapan kami satu satunya. Jika bukan disini kami mau cari dimana lagi.

"Iya aktivitas ini merupakan kegiatan rutin kami yang setiap hari kami lakukan demi mendapatkan air bersih karena tempat lain sudah kering semua hanya masih tersisa ditempat ini," Ungkap Dani.

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Berita iNews Belu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut