get app
inews
Aa Read Next : Berita Duka, Doni Monardo Mantan Kepala BNPB Meninggal Dunia

Terus Bertambah, Jemaah Haji Asal Indonesia Meninggal Dunia di Tanah Suci Menjadi 22 Orang

Rabu, 07 Juni 2023 | 17:30 WIB
header img
Jumlah jemaah haji Indonesia yang meninggal dunia di Tanah Suci kembali bertambah 3 orang, hari ini.(Foto: Ilustrasi/Ist)

Selain itu, terdapat 89 jemaah haji yang sakit di Madinah dan dirujuk ke layanan kesehatan. Rincian jumlahnya adalah 29 orang rawat jalan di Kantor Kesehatan Haji Indonesia (KKHI), 25 orang rawat inap, dan 35 orang rawat inap di Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS) di Madinah. 

Di Mekkah, terdapat 39 jemaah haji yang sakit dan dirujuk ke layanan kesehatan. Rincian jumlahnya adalah 18 orang rawat jalan di KKHI, 14 orang rawat inap, dan 7 orang rawat inap di RSAS di Mekkah.

Dalam kesempatan tersebut, Akhmad juga menyampaikan data dari sistem informasi dan komputerisasi Haji terpadu atau siskohat bahwa hingga saat ini, sudah ada 89.681 jemaah dan petugas yang tiba di kota Madinah, yang terdiri dari 233 kelompok terbang (kloter). 

"Jemaah dan petugas yang masuk asrama haji hari ini untuk selanjutnya diberangkatkan ke tanah Suci berjumlah 6.630 orang," katanya. 
Setelah melaksanakan ibadah arbain secara bertahap, jemaah diberangkatkan dari Madinah ke Mekkah. Total jemaah yang sudah diberangkatkan adalah 32.486 orang atau 85 kloter untuk melaksanakan umrah di Mekkah.

Selain itu, Akhmad mengimbau para jemaah, terutama jemaah lanjut usia, untuk selalu menjaga kesehatan, meminimalisir aktivitas yang melelahkan seperti umrah sunnah berulang kali, memastikan selalu menggunakan alas kaki di luar hotel dan masjid, serta menggunakan alat perlindungan diri (APD) seperti payung dan topi lebar agar tidak terkena sinar matahari langsung. Suhu di Madinah saat ini berkisar antara 28-42 derajat Celsius, sementara di Mekkah berkisar antara 35-43 derajat Celsius.

 
 

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut