get app
inews
Aa Read Next : Tega, Ibu Kandung Jual Anak Rp4 Juta Hanya Karena Kesulitan Ekonomi

Berhasil Dibebaskan, 20 WNI di Myanmar usai Disekap di Daerah Konflik Myawaddy

Minggu, 07 Mei 2023 | 07:15 WIB
header img
Sebanyak 20 warga negara Indonesia (WNI) korban perdagangan manusia berhasil keluar dari wilayah konflik di Myawaddy, Myanmar. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsBelu.id - Sebanyak 20 warga negara Indonesia (WNI) korban perdagangan orang berhasil keluar dari wilayah konflik di Myawaddy, Myanmar. Mereka bebas melalui KBRI Yangon dan KBRI Bangkok.

Melalui kerja sama KBRI Yangon dengan jejaring lokal yang memiliki akses ke wilayah Myawaddy, para WNI akhirnya dapat dibebaskan dan dibawa menuju perbatasan Thailand.

"Sebanyak 20 WNI berhasil dibawa ke perbatasan dalam dua gelombang, yaitu pada 5 Mei 2023 sebanyak 4 orang, dan 6 Mei 2023 sebanyak 16 orang," tulis Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI dikutip Minggu (7/5/2023). 

Tim Pelindungan WNI KBRI Bangkok selanjutnya akan membawa mereka ke Bangkok. Untuk proses pemulangan, KBRI Bangkok akan berkoordinasi dengan otoritas Thailand untuk perizinan repatriasi ke Indonesia.

Sebelumnya, pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri (Kemlu RI), KBRI Yangon, dan KBRI Bangkok mendesak otoritas Myanmar mengambil langkah efektif untuk menyelamatkan pekerja migran Indonesia yang diduga merupakan korban tindak pidana perdagangan orang (TPPO). 

Desakan tersebut disampaikan oleh Direktur Perlindungan WNI dan BHI (PWNI-BHI) Kemlu Judha Nugraha guna menanggapi laporan Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) mengenai 20 WNI yang diduga korban TPPO dan saat ini sedang disekap di Myanmar.

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Berita iNews Belu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut