get app
inews
Aa Read Next : Sadis, Klub Malam Terbakar 29 Orang Tewas, 1 Terluka

Terus Bertambah Korban Tewas Gempa Dahsyat Turki-Suriah Tembus 33.000 Jiwa

Senin, 13 Februari 2023 | 08:22 WIB
header img
Korban meninggal akibat gempa dahsyat di Turki dan Suriah sudah mencapai 33.000 jiwa. Foto/ REUTERS/Kemal Aslan

“Kami belum pernah melihat penderitaan dan kehancuran sebesar ini dalam lebih dari satu dekade,” kata Johan Mooij, direktur tanggap World Vision Syria, dalam sebuah pernyataan. 

“Dampaknya sangat besar...dibutuhkan satu generasi bagi para penyintas untuk pulih," ujarnya, seperti dikutip Washington Post.

Di tengah kehancuran, kemarahan terus meningkat atas jurang bantuan antara Turki, di mana berton-ton bantuan mengalir masuk, dan Suriah barat laut yang dikuasai pemberontak, di mana tanggapannya lamban dan orang-orang banyak yang sudah telantar akibat perang saudara yang brutal telah kebanyakan dibiarkan mengelola krisis sendirian.

 Presiden Suriah Bashar al-Assad telah membatasi akses ke barat laut, yang berada di bawah kendali kelompok oposisi bersenjata. Dengan dukungan sekutu seperti Rusia dan China di Dewan Keamanan PBB, dia secara berkala memblokir pengiriman bantuan kemanusiaan ke sana di masa lalu.

Sebagian besar pejabat PBB tetap diam tentang intrik politik yang telah menghalangi pemberian bantuan kemanusiaan, sikap diam yang dituduhkan para kritikus dimaksudkan untuk memungkinkan mereka mempertahankan akses ke Damaskus. Mereka menyebut jalan rusak dan masalah keamanan sebagai faktor yang mempersulit pengiriman bantuan ke barat laut Suriah. Namun dalam kunjungan hari Minggu ke Bab al-Hawa, satu-satunya koridor bantuan terbuka di perbatasan Turki-Suriah, Martin Griffiths, koordinator bantuan darurat PBB, mengakui kesalahan. 

“Sejauh ini kami telah mengecewakan orang-orang di Suriah barat laut,” kata Griffiths dalam sebuah tweet. “Mereka benar merasa ditinggalkan. Mencari bantuan internasional yang belum sampai. Tugas saya dan kewajiban kita adalah memperbaiki kegagalan ini secepat mungkin. Itulah fokus saya sekarang.”

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut