get app
inews
Aa Read Next : Unik! Pace-Pace di Distrik Sota Papua Ukur Tinggi Badan saat Posyandu, Demi Kesehatan

Luarbiasa, Pertama dalam Sejarah Indonesia Ayah dan Anak Pernah Jabat Danpaspampres

Senin, 21 November 2022 | 06:44 WIB
header img
Kolonel CPM Norman Sasono menjadi Danpaspamres ke-2 (1965-1972) diikuti putranya, Mayjen TNI Marciano Norman menjadi Danpaspamres ke-17. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsBelu.id - Kisah anak mengikuti karier ayahnya sebagai prajurit TNI mungkin sudah biasa. Namun tidak biasa bila ayah dan anak pernah menduduki jabatan yang sama, apalagi posisi penting seperti Komandan Pasukan Pengamanan Presiden atau Danpaspampres. 
Kolonel CPM Norman Sasono pernah menjabat Danpaspamres ke-2 yang menjabat selama 1965-1972. Catatan itu diikuti putranya, Mayjen TNI Marciano Norman.

Marciano Norman menjadi Danpaspamres ke-17 yang memegang tongkat komando pada kurun 2008-2010. Ayah dan anak ini purnatugas dari TNI sama-sama dengan pangkat bintang 3 alias letnan jenderal (letjen). Sang ayah, Norman Sasono berasal dari kecabangan Corps Polisi Militer (CPM). Lulus dari Akademi Militer di Malang pada tahun 1945, dia banyak berkiprah di korps tersebut.

Setelah pecah Tragedi G30/S PKI, pemerintah melikuidasi Resimen Tjakrabirawa (pasukan gabungan tiga matra yang bertugas mengawal keamanan presiden). Pemerintah kemudian membentuk Satgas Pomad untuk melaksanakan tugas-tugas pengamanan kepala negara. Di saat ini lah Norman Sasono dipercaya memegang tongkat komando. 
 

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Berita iNews Belu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut