JAKARTA. iNewsBelu.id - Dua maskapai Indonesia, Lion Air dan Wings Air masuk daftar maskapai dengan layanan terburuk di dunia. Hal tersebut diketahui berdasarkan survei yang dilakukan platform layanan perjalanan, Bounce dalam laporan The 2022 Airline Index.
Dalam laporan tersebut, Lion Air dan Wings Air menempati urutan pertama dan kedua maskapai dengan pelayanan terburuk di dunia. Lion Air mendapatkan skor 0,72/10, tak lain karena pelayanannya.
Dalam laporan Bounce, Lion Air tercatat kedatangan tepat waktunya hanya 42,27 persen. Kemudian, tingkat pembatalan Lion Air juga tinggi yakni mencapai 34,43 persen, yang artinya seperti penerbangan Lion Air dibatalkan selama satu tahun terakhir.
Dalam laporan tersebut juga menyatakan bahwa Lion Air hanya memperoleh skor 1/5 untuk makanan dan hiburan di dalam pesawat. Sementara, untuk kenyamanan kursi serta layanan stafnya, Lion Air mendapatkan skor 2/5.
Tak jauh berbeda dengan Lion Air, maskapai penerbangan yang berbasis di Indonesia yakni Wings Air juga menduduki peringkat terburuk dalam pelayanannya.
Wings Air hanya mendapatkan skor 1.11/10. Tingkat kedatangan tepat waktu Wings Air hanya 49,78 persen, sedangkan tingkat pembatalan mencapai 20,63 persen.
Adapun dalam hal pelayanan makan, hiburan, kenyamanan kursi serta layanan staff, Wings Air mendapatkan rapor yang sama dengan maskapai Lion Air.
Berikut daftar 10 maskapai dengan layanan terburuk di dunia 2022:
1. Lion Air (0,72)
2. Wings Air (1,11)
3. Flydubai (1,18)
4. AirAsia India (1,34)
5. Shenxhen Airlines (1,54)
6. VivaAerobus (1,56)
7. Wizz Air (1,79)
8. Ryanair (2,06)
9. AirAsia (2,06)
10. Volaris (2,15)
Artikel ini sebelumnya sudah tayang di iNews.id dengan judul "Lion Air dan Wings Air Masuk Daftar Maskapai dengan Layanan Terburuk di Dunia"
Editor : Stefanus Dile Payong