get app
inews
Aa Read Next : Hadapi Amerika Serikat, Kim Jong Un Perintahkan Militer Korut Mempercepat Persiapan Perang

Dianggap Menentang Mobilisasi Pasukan Cadangan Rusia ke Ukraina, 730 Orang Ditangkap

Minggu, 25 September 2022 | 11:12 WIB
header img
Sebanyak 730 orang dari seluruh Rusia ditangkap karena memprotes perintah mobilisasi pasukan cadangan ke Ukraina. (Foto: AP Photo)

MOSKOW, iNewsBelu.id - Sebanyak 730 orang dari seluruh Rusia ditangkap karena memprotes perintah mobilisasi pasukan cadangan ke Ukraina. Ratusan orang itu ditangkap dari 32 wilayah yang berbeda.  

Pernyataan ini disampaikan oleh kelompok hak asasi yang juga pemantau aksi protes OVD-Info Independent pada Sabtu (24/9/2022). Peserta aksi ditangkap mulai dari Kota St Petersburg hingga Siberia. 

Demonstrasi tanpa sanksi adalah ilegal menurut hukum Rusia. Peraturan negara itu juga melarang aktivitas apa pun yang dianggap mencemarkan nama baik angkatan bersenjata. 

"Apakah kamu ingin menjadi sepertiku?!" kata seorang perempuan berkursi roda di sebuah rapat umum di Moskow.

Rekaman dari protes yang sama menunjukkan petugas Rusia membawa pria dan wanita ke mobil polisi. Sebelumnya, dalam pidato di televisi Rabu (21/9/2022), Putin mengatakan telah meneken dekret mobilisasi militer parsial untuk mengerahkan pasukan cadangan ke Donbass, Ukraina. Ini merupakan mobilisasi militer pertama yang dilakukan Rusia sejak Perang Dunia II.

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut