get app
inews
Aa Read Next : Rusia Kembali Luncurkan Serangan Udara ke Ukraina, Korban Tewas Jadi 39 Orang

Sadis, Terdampak Perang Puluhan Pelajar dan Mahasiswa Asal Sulawesi Selatan Terjebak di Sudan

Senin, 24 April 2023 | 22:03 WIB
header img
Puluhan pelajar dan mahasiswa asal Sulawesi, masih terjebak di beberapa lokasi penampungan dan sekretariat menunggu proses evakuasi di tengah perang di Sudan. Foto/iNews TV/Yoel Yusvin

MAKASSAR, iNewsBelu.id  - Perang yang pecah di Sudan, antara militer pemerintah Sudan, dengan kelompok paramiliter, membuat puluhan pelajar dan mahasiswa asal Sulawesi, terjebak dalam perang. Para mahasiswa dan pelajar tersebut, berada di sekitar ibu kota Sudan, Khartoum.

Perang yang sudah terjadi skeitar dua pekan tersebut, membuat para mahasiswa dan pelajar yang terjebak di lokasi penampungan dan sekterariat tersebut, mulai kehabisan bahan makanan. Melalui sambungan telepon, mereka mengaku takut ke luar karena kondisi masih terjadi pertempuran sengit di ibu kota Sudan.

Pertempuran tersebut, disebutkan oleh para mahasiswa dan pelajar asal Sulawesi, mulai merembet ke wilayah-wilayah pemukiman hingga menyebabkan banyak warga negara asing (WNA), terjebak di dalam rumah. Beberapa objek vital, seperti bandara juga menjadi lokasi pertempuran, hingga mengakibatkan tiga pesawat komersil terbakar.

Meski proses evakuasi terhadap WNI di Sudan, terus dilakukan oleh KBRI dan Kementrian Luar Negeri (Kemenlu), tetapi masih ada ratusan pelajar dan mahasiswa asal Sulawesi, yang masih terjebak di beberapa lokasi pertempuran sehingga belum bisa dievakuasi. Salah seorang pelajar asal Sulawesi Selatan, yang dihubungi Ketua Ikatan Alumni Sudan Bidang 1 Sumber Daya Manusia dan Organisasi, Muh. Fakhrurrazi Anshar, mengaku masih menunggu instruksi dari KBRI di Sudan, untuk selanjutnya dilakukan proses evakuasi.
 

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Berita iNews Belu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut