get app
inews
Aa Read Next : TKP! Dilaporkan Hilang WNA Dari Timor Leste Ditemukan Tewas Dalam Jurang di NTT

Waduh! Untuk Pantau Aktivitas Karyawan, Perusahaan Ini Pasang Kamera di Toilet

Selasa, 20 September 2022 | 15:01 WIB
header img
Perusahaan di China memasang kamera tersembunyi di toilet untuk memantau karyawan (Foto: Reuters)

BEIJING, iNewsBelu.id - Satu perusahaan di China dikecam netizen karena memasang kamera tersembunyi di bilik toilet. Tujuannya untuk memantau tindak-tanduk para karyawan selama izin buang air. Kasus ini mencuat setelah muncul kontroversi di China soal penggunaan toilet di kantor selama jam kerja. Salah satu perusahaan teknologi di Kota Xiamen, Provinsi Fujian, dilaporkan memasang kamera di bagian atas bilik kamar mandi untuk memantau karyawan yang menggunakan ponsel.

Kasus ini terungkap setelah tangkapan layar dari rekaman kamera di toilet beredar di media sosial China hingga menjadi viral baru-baru ini. Seseorang mengenali latar belakang pada foto itu yakni toilet di sebuah perusahaan pemerintah yang memproduksi baterai lithium. Foto-foto itu beredar disertai keterangan yang diduga dikeluarkan oleh departemen HRD. Diketahui dua karyawan dipecat dan satu lainnya dijatuhi hukuman berat serta poin kinerja bulanan mereka dipotong menjadi nol.

Setelah foto menjadi viral, media lokal mengonfirmasi foto itu ke perusahaan untuk meminta klarifikasi. Perusahaan pun membenarkan bahwa foto yang beredar merupakan hasil tangkapan layar dari kamera di toiletnya. Perusahaan menjelaskan tujuan pemasangan kamera yang baru dilakukan tahun ini tersebut bertujuan untuk memantau karyawan yang merokok di toilet.

Dua orang yang tampak dalam foto memang sedang merokok, namun juga sedang menggunakan ponsel. Netizen pun berkomentar mengecam kebijakan pemasangan kamera itu. "Ya Tuhan! Bagaimana dengan privasi?” kata seorang pengguna Weibo, dikutip dari Oddity Central, Selasa (20/9/2022). "Mereka memperlakukan orang seperti hewan, tanpa rasa hormat dan kemanusiaan sedikit pun," kata pengguna lainnya. Brigade Pengawasan Keamanan Tenaga Kerja Distrik Xiang'an, Xiamen, sedang menyelidiki kasus ini. Sementara pakar hukum mendesak perusahaan dimintai pertanggungjawaban. Pemasangan kamera di toilet sangat melanggar privasi karyawan. Ini bukan kali pertama kasus kamera dipasang di toilet kantor. Sebelumnya ada perusahaan yang memotong gaji karyawan karena menghabiskan waktu terlalu banyak di toilet. Ada pula perusahaan yang mendenda karyawan karena menggunakan toilet lebih dari sekali dalam sehari, bahkan ada yang memasang timer di bilik toilet. 

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Parah, Perusahaan Ini Pasang Kamera di Toilet untuk Pantau Aktivitas Karyawan "

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Berita iNews Belu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut