get app
inews
Aa Read Next : Putra NTT Mantan Menkominfo Johnny G Plate Dituntut 15 Tahun Penjara

Kisah Dibalik Patung Pancoran, Soekarno Tak Sempat Resmikan meski Selalu Awasi Pembangunannya

Kamis, 15 September 2022 | 08:21 WIB
header img
Patung Pancoran merupakan salah satu bangunan ikonik yang ada di Jakarta. (Foto: Kemdikbud)

Hal menarik lainnya, pose patung ini ternyata diperagakan oleh Soekarno, sementara wajah patung mengambil rupa Edhi Sunarso, sang perancang. Selain itu, ketika proses pemasangan Patung Pancoran ini, Soekarno selalu menunggu sambil mengawasi.

Aparat keamanan sering merasa kewalahan saat bertugas menjaga keamanan sang Presiden saat mengawasi pembangunanya. Patung Pancoran ini dikerjakan oleh pematung keluarga Arca Yogyakarta PN Hutama Karya dan Ir Sutami sebagai arsitek pelaksana.

Proses pengecoran dilakukan oleh pemimpin I Gardono. Pengerjaan patung ini sebenarnya selesai di tahun 1964 di Yogyakarta, namun terhambat karena ada peristiwa G30S PKI di tahun 1965 sehingga akhirnya baru dapat diselesaikan pada akhir tahun 1966. Berat keseluruhan patung ini yaitu 11 ton yang terbuat dari bahan perunggu dengan tinggi 11 meter.

Sedangkan tinggi voetstuk (kaki patung) 27 meter. Pemasangan patung ini menggunakan derek tarikan tangan, terbagi dalam beberapa bagian yang masing-masing beratnya 1 ton. Biaya pemasangan patung dibayarkan sekitar Rp5 juta dari total dana Rp12 juta yang sementara masih ditanggung oleh Edhi Sunarso. Biaya pemasangan patung pun tidak pernah dilunasi oleh pemerintah walau Soekarno sempat menjual mobil pribadinya seharga Rp1 juta. Patung Dirgantara merupakan monumen terakhir yang tidak sempat diresmikan oleh Soekarno karena dia keburu meninggal dunia. Sementara perancang patung, Edhi Sunarso wafat pada 4 Januari 2016.

Artikel ini telah tayang www.inews.id dengan judul " Kisah Soekarno Tak Sempat Resmikan Patung Pancoran meski Selalu Awasi Pembangunannya ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/news/nasional/kisah-soekarno-tak-sempat-resmikan-patung-pancoran-meski-selalu-awasi-pembangunannya/2.

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Berita iNews Belu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut