get app
inews
Aa Read Next : Cek Dompet Babinsa Cuma Rp2.000, KASAD Dudung Langsung Kasih Rp100 Juta

Inilah 5 Perbedaan Antara Dua Pasukan Elite Kebanggaan TNI AD yang Disegani, Ayo Simak Tulisan Ini

Rabu, 14 September 2022 | 00:01 WIB
header img
Perbedaaan Kopassus dan Kostrad rupanya masih banyak yang belum mengetahui. Foto DOK Ist

2. Tugas dan Fungsi

Beralih ke tugas dan fungsinya, antara Korps Baret Merah dan Kostrad juga memiliki sedikit perbedaan. Singkatnya, kedua satuan ini memiliki tugas dan fungsi utama yang terdiri dari Operasi Militer Perang (OMP) serta Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Dalam OMP, fungsi Kopassus diantaranya adalah melancarkan serangan langsung dengan tujuan menghancurkan logistik musuh, Operasi Intelijen Khusus, Antiteror, hingga Combat SAR.

Sedangkan Kostrad sendiri dalam OMP berfungsi melaksanakan operasi gabungan pertahanan darat, pantai, dan udara dalam bentuk misi serangan atau sejenisnya. Tak hanya itu, satuan elite ini juga dapat melakukan berbagai operasi bantuan yang ditujukan untuk sektor intelijen dan pertahanan. 

Kemudian, dalam OMSP Korps Baret Merah bertugas melaksanakan berbagai bantuan kemanusiaan. Sebut saja seperti AIRSO (Operasi anti insurjensi, separatisme, dan pemberontakan), Pengamanan VIP, SAR Khusus, hingga unit perbantuan terhadap pemerintah atau kepolisian. Sementara Kostrad bertugas melangsungkan pengamanan wilayah perbatasan, perlawanan kelompok separatis, operasi penanggulangan bencana, hingga misi pengamanan objek-objek vital.

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Berita iNews Belu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut