get app
inews
Aa Read Next : 9 Orang Terluka Akibat Serangan Zat Kimia di London

Ratu Elizabeth II Dimakamkan 19 September, Peti Pangeran Philip Akan Diletakkan Berdampingan

Minggu, 11 September 2022 | 18:18 WIB
header img
Jenazah Ratu Elizabeth II akan dimakamkan pada 19 September (Foto: Reuters)

LONDON, iNews.id - Kerajaan Inggris telah memastikan waktu pemakaman mendiang Ratu Elizabeth II yakni pada Senin (19/9/2022). Pemimpin monarki terlama Inggris yang berkuasa selama 70 tahun lebih itu akan dibaringkan terlebih dulu Westminster Abbey

Upacara pemakaman akan dihadiri oleh bangsawan Inggris serta perwakilan asing, demikian pernyataan keluarga kerajaan, Sabtu (10/9/2022).

"Upacara Pemakaman Kenegaraan Yang Mulia Ratu akan berlangsung di Westminster Abbey pada Senin 19 September," bunyi pesan tersebut. 

Sebelum dimakamkan, jenazah Ratu akan disemayamkan di Westminster Hall selama 4 hari guna memberi kesempatan kepada masyarakat untuk memberikan penghormatan terakhir.

"Kami akan melaksanakan tugas kami selama beberapa hari mendatang dengan hati yang terberat, tetapi juga dengan tekad paling kuat untuk memastikan perpisahan yang sesuai dengan salah satu tokoh yang menentukan era kita," kata Earl Marshal, Edward Fitzalan-Howard, Duke of Norfolk, dikutip dari Reuters. 

Dia menambahkan jenazah Ratu saat ini disimpan di peti mati terbuat dari kayu ek yang ditutupi dengan standar kerajaan Skotlandia serta karangan bunga. Peti mati Ratu rencananya akan dibawa ke Istana Holyroodhouse di Edinburgh pada hari ini. Mendiang akan dibaringkan di tempat itu sampai Selasa (13/9/2022) sore.

Jenazah kemudian diterbangkan dari Edinburgh ke London pada hari yang sama lalu dibawa ke Istana Buckingham melalui jalan darat. Perjalanan terakhir yakni ke Istana Westminster akan dilakukan keesokan hari. 

Setelah upacara pemakaman kenegaraan di Westminster, peti akan dibawa ke Wellington Arch dan kemudian ke Kastil Windsor, sekitar 32 km sebelah barat London.

 Windsor merupakan kastil berpenghuni tertua dan terbesar di dunia dan telah menjadi rumah bagi keluarga raja dan ratu selama hampir 1.000 tahun.

Mobil yang membawa jenazah Ratu akan melintas melalui Long Walk ke Kapel St George untuk ibadah. Di sana, jenazah akan diturunkan ke lemari besi kerajaan dan dikebumikan di Kapel Memorial Raja George VI, di Lorong Nave Utara, tempat di mana orangtua dan saudara perempuan Ratu juga dimakamkan.

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut