get app
inews
Aa Read Next : Ricuh Demo Mahasiswa di Depan Gedung DPRD Sikka, Blokade Jalan dan Sandera Mobil Pikap

Menko Airlangga Tegaskan Harga BBM Bersubsidi Tak Dinaikkan di Kuartal III 2022

Minggu, 21 Agustus 2022 | 20:44 WIB
header img
Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian), Airlangga Hartarto, angkat bicara soal rencana pemerintah menaikkanharga BBM bersubsidi jenis Pertalite dan solar.  

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko MArves), Luhut Binsar Pandjaitan, mengatakan pekan depan Presiden Joko Widodo akan mengumumkan kenaikan harga BBM. Namun Menko Airlangga mengatakan pemerintah belum akan menaikkan harga BBM Pertalite dan solar pada kuartal III 2022. Saat ini, masih dibahas beberapa skenario terkait kenaikan harga BBM bersubsidi

"Masih disampaikan beberapa skenario (kenaikan harga BBM bersubsidi). Tidak pada kuartal III," kata Airlangga, Sabtu (20/8/2022). Deputi Ekonomi Makro dan Keuangan Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Perekonomian, Iskandar Simorangkir, mengatakan bahwa hingga saat ini piihan terbaik untuk menentukan harga Bahan Bakar Minyak masih terus dikaji. 

"Alternatif-alternarif terbaik harga BBM masih dikaji terus," kata Iskandar saat dihubungi MNC Portal, Minggu (21/8/2022). Sebagaimana diketahui, Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Arifin Tasrif, mengatakan di tengah tingginya harga Bahan Bakar Minyak (BBM), Pemerintah berkomitmen untuk tetap mengupayakan ketersediaan BBM untuk masyarakat. 

Saat ini, lanjut Arifin, sedang disiapkan beberapa opsi agar BBM bersubsidi yang benar-benar hanya untuk masyarakat berdaya beli menengah ke bawah dapat tepat sasaran. "Saat ini sedang dikaji banyak opsi secara keseluruhan, nanti kita akan pilih yang terbaik, karena subsisdi ini kompensasinya sudah berat sekali, sementara harga minyak masih cukup tinggi,"ujar Arifin dari keterangan tertulis Kementerian ESDM, Sabtu (20/8/2022).

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut