get app
inews
Aa Read Next : Astaga! Rata Dengan Tanah, inilah Penampakan Sisa-sisa Rumah Bersejarah Bung Karno di Padang

Istana Kembalikan Teks Proklamasi Tulisan Tangan Bung Karno ke ANRI

Kamis, 18 Agustus 2022 | 17:16 WIB
header img
Pengembalian teks proklamasi tulisan tangan Bung Karno di Gedung ANRI (dok. Sekretariat Presiden)

JAKARTA, iNews.id - Sekretariat Presiden mengembalikan naskah asli teks proklamasi tulisan tangan proklamator Soekarno ke Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Kamis (18/8/2022). 

Dokumen bersejarah itu sebelumnya dihadirkan di mimbar kehormatan saat Upacara Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-77 di Istana Merdeka, Rabu (17/8/2022). Naskah asli itu diserahkan Kepala Biro Administrasi Sekretariat Presiden Sony Kartiko kepada ANRI dalam acara serah terima yang berlangsung di Gedung O, ANRI, Jakarta.

Kepala ANRI Imam Gunarto bersyukur naskah teks proklamasi tulisan tangan Bung Karno asli bisa disimpan di tempat ini untuk dilestarikan dan diwariskan ke generasi mendatang. 

"Teks proklamasi tulisan tangan asli dari Bung Karno adalah satu dasar, satu bukti utama tentang berdirinya negara kita," ucap Imam.

Imam mengucapkan terima kasih kepada Sekretariat Presiden dan Kementerian Sekretariat Negara yang telah memberikan kesempatan kepada ANRI untuk berkontribusi pada acara peringatan HUT kemerdekaan RI. 

"Saya kira sekali lagi kami mengucapkan terima kasih atas kerja sama yang sangat baik antara Sekretariat Presiden dengan Arsip Nasional Republik Indonesia," ucapnya.

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Berita iNews Belu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut