get app
inews
Aa Read Next : Protes Perang di Gaza Tentara AS Bakar Diri dekat Kedubes Israel

Pertama Kali sejak Perang Ukraina Menlu Rusia dan AS Berbicara , Ini yang Dibahas

Sabtu, 30 Juli 2022 | 08:40 WIB
header img
Sergei Lavrov (kanan) berbicara dengah Antony Blinken melalui telepon, komunikasi pertama kedua diplomat top sejak perang Ukraina (Foto: Reuters)

MOSKOW, iNews.id - Menteri Luar Negeri (Menlu) Rusia Sergei Lavrov dan mitranya dari Amerika Serikat, Antony Blinken, berbicara melalui telepon, Jumat (29/7/2022). 

Ini merupakan kali pertama kedua diplomat top itu berkomunikasi sejak invasi Rusia ke Ukraina pada 24 Februari lalu. Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Rusia menyatakan, percakapan telepon itu berlangsung atas permintaan AS.

Kedua pejabat membahas berbagai isu. Selain konflik Rusia-Ukraina, mereka juga membahas kesepakatan ekspor gandum yang diteken dengan perantara Turki pekan lalu serta rencana pertukaran tahanan antara kedua negara. Blinken sebelumnya mengatakan telah melakukan pembicaraan yang tulus ​​​​dan langsung dengan Lavrov. 

Dia mendesak Rusia untuk menerima usulan pembebasan tahanan Paul Whelan dan Brittney Griner. Whelan merupakan mantan anggota Marinir AS yang ditangkap atas tuduhan mata-mata, sementara Griner atas tuduhan menyelundupkan narkoba.

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut