get app
inews
Aa Read Next : Dijebloskan ke Lapas Salemba,Ferdy Sambo Siap di Penjara Seumur Hidup

Periksa Ajudan-Ajudan Irjen Ferdy Sambo, Ini Yang Dilakukan Komnas HAM:

Selasa, 26 Juli 2022 | 22:56 WIB
header img
Komnas HAM memeriksa sejumlah ajudan Irjen Fersy Sambo dalam kasus penembakan Brigadir J, Selasa (26/7/2022). (Foto: Istimewa)

"Kami tanya semua apa yang terjadi, bagaimana peristiwanya, bahkan kondisinya kaya apa. Salah satu yang penting misalnya begini, kondisinya bercanda-canda tertawa atau tegang, itu kami tanya. Beberapa orang yang ikut dalam forum itu ngomongnya memang tertawa. Itu yang kami tanya. Jadi kami lihat spektrum bagaimana kondisinya," ujarnya. 

Anam berkata, pihaknya juga mendalami kegiatan saat di Magelang.  

"Kami tanya detail dan lengkap. Dan masing-masing orang memiliki jawaban sendiri-sendiri karena ditanya sendiri-sendiri. Apakah sama atau tidak, itu nanti diolah di tim," ucap Anam. Komnas HAM juga mendalami karakter dan hubungan pribadi antar-ajudan. Pendalaman itu, kata Anam dilakukan untuk melihat latar belakang pada bagian peristiwa terjadi.

"Misalnya ajudan satu kami tanya bagaimana soal perilaku kehidupan sehari-hari ajudan lain. Kita tanya semua. Ini penting untuk melihat sesuatu yang kami dapatkan sendiri oleh Komnas HAM untuk melihat batas waktu dan melihat konteks yang terjadi dalam batas waktu itu," ujar Anam. 

Sebagai informasi, Komnas HAM memang telah melakukan sejumlah pemeriksaan untuk mengungkap kasus ini, yakni dengan memeriksa keluarga Brigadir J yang berada di Jambi. Lalu meminta keterangan terhadap tim forensik atau tim Dokkes Mabes Polri. Ke depan, Komnas HAM akan mendalami soal digital forensik dan siber terkait kasus tewasnya Brigadir J.

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut