get app
inews
Aa Read Next : Cerita Jokowi Sempat Semedi sebelum Putuskan Indonesia Lockdown atau Tidak

BNPB Ingatkan Masyarakat Waspadai Gelombang Ketiga Covid-19 Akan Terjadi Akhir Tahun

Senin, 11 Oktober 2021 | 05:55 WIB
header img
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Ganip Warsito mengingatkan agar mewaspadai adanya potensi gelombang ketiga Covid-19. (foto Dok)

JAKARTA, iNews.id - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Ganip Warsito mengingatkan agar mewaspadai adanya potensi gelombang ketiga Covid-19. Menurut para ahli, gelombang ketiga akan terjadi di tanah air pada akhir tahun ini. 

“Ancaman gelombang ketiga yang diprediksi oleh para ahli akan terjadi di bulan Desember,” kata Ganip yang juga Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19  dikutip dari pers rilis BNPB, Senin (11/10/2021).

Seperti diketahui akhir tahun bertepatan dengan dua momentum besar yakni Hari Raya Natal dan Tahun Baru. Ganip mengatakan periode tersebut berpotensi memicu keinginan masyarakat untuk beraktivitas di luar ruangan. Di samping itu, akhir tahun juga masih masuk dalam periode pergantian cuaca, yang mana berpengaruh daya tahan tubuh sehingga mudah terserang penyakit.

“Karena di situlah saat Nataru, di situlah adanya pergantian cuaca. Ini yang menjadi suatu ancaman peningkatan Covid-19,” kata Ganip. Meski begitu dia optimis bahwa gelombang ketiga dapat dicegah dan dikendalikan.

“Tapi saya yakin dengan kekuatan dan pola penanganan yang sudah ditemukan, maka kita boleh yakin Desember tidak akan terjadi gelombang ketiga,” ujarnya.. 

Dia mengatakan bahwa  kunci pencegahan dan mitigasi penularan adalah dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan vaksinasi. Di sisi lain, pola penanganannya juga sudah ditemukan

"Perkuat protokol kesehatan, perkuat tracing, tracking dan treatment nya, kemudian perkuat vaksinasinya. Tiga itu rumusnya. Kalau itu kita sudah oke, saya yakin kita bisa mengendalikan Covid-19 ini,” ujarnya.

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Berita iNews Belu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut