Pelayanan primer kesehatan diakui merupakan pendekatan kepada seluruh masyarakat yang bertujuan untuk memastikan tingkat kesehatan dan kesejahteraan mencapai setinggi mungkin dan pemerataannya dengan fokus pada kebutuhan masyarakat dan sedini mungkin sepanjang kontinum dari promosi kesehatan dan pencegahan penyakit hingga pengobatan, rehabilitasi dan perawatan paliatif, dan sedekat mungkin dengan lingkungan sehari-hari.
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Belu drg Ansilla Ekka Mutty menjelaskan Integrasi Layanan Primer (ILP) merupakan bagian paling penting dalam melakukan transformasi sistem kesehatan di layanan primer. Dimana Transformasi Layanan Primer merupakan salah satu Transformasi dari 6 pilar Transformasi Kesehatan, dimana 6 pilar inilah yang merupakan dasar dari pelaksanaan layanan Kesehatan di Indonesia termasuk Kabupaten Belu. ILP telah mulai diterapkan di beberapa Kabupaten di Indonesia oleh Kementerian Kesehatan melalui Direktorat Jenderal Kesehatan Masyarakat bekerja sama dengan organisasi pendukung lainnya. Tujuan utama dari ILP adalah untuk meningkatkan cakupan dan jangkauan intervensi layanan primer.
" Kadinkes juga Menjelaskan Pelayanan prima adalah suatu pelayanan terbaik dalam memenuhi harapan dan kebutuhan pelanggan. Dengan kata lain pelayan prima merupakan suatu pelayanan yang memenuhi standar kualitas yang sudah ditentukan. Dan itu bisa dicapai dengan ILP Puskesmas. Dan untuk kabupaten belu sudah ada 9 puskesmas yang sudah dinyatakan memenuhi syarat, dan kita akan terus melakukan pembenahan dan target kita di tahun 2025 semua puskesmas di kabupaten belu sudah ILP dan ini semua demi pelayanan kesehatan masyarakat belu yang lebih baik," Katanya.
Editor : Stefanus Dile Payong
Artikel Terkait