Semburkan Abu Vulkanik Putih Kelabu 200 Meter Gunung Lewotobi di Flores Timur Kembali Erupsi

Binti Mufarida, Evan Payong
Gunung Lewotobi Laki-laki mengalami erupsi pagi ini dengan mengeluarkan abu vulkanik putih kelabu setinggi 200 meter. (Foto MPI)

FLORES TIMUR, iNewsBelu.id  - GunungLewotobiLaki-laki mengalami erupsi pagi ini, Jumat (3/5/2024). Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat semburan abu vulkanik akibat letusan setinggi 200 meter di atas puncak. 

Diketahui, Gunung ApiLewotobiLaki-lakiterletak di Kabupaten dan Kota Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) dengan posisi geografis di Latitude -8.5389°LU, Longitude 122.7682°BT dan memiliki ketinggian 1584 MDPL. ”Terjadi erupsi G. Lewotobi Laki-laki pada hari Jumat, 03 Mei 2024, pukul 08:15 WITA. 

Tinggi kolom letusan teramati ± 200 m di atas puncak (± 1784 m di atas permukaan laut),” ungkap Petugas Pos Pengamatan Gunung Api, Herman Yosef S Mboro, Jumat (3/5/2024).

Herman pun melaporkan kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas tipis hingga sedang ke arah utara dan timur laut. Erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 29.6 mm dan durasi 114 detik. Herman mengingatkan agar masyarakat di sekitar GunungLewotobiLaki-lakidan pengunjung, wisatawan tidak melakukan aktivitas apapun dalam radius 5 KM dari pusat erupsi GunungLewotobiLaki-lakidan sektoral 6 KM ke arah Utara dan Timur Laut.

Masyarakat agar tenang dan mengikuti arahan pemerintah serta tidak mempercayai isu-isu yang tidak jelas sumbernya,” ujarnya.

Editor : Stefanus Dile Payong

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network