Banjir Lahar Dingin Terjang Permukiman Warga Flores Timur Mengungsi

Joni Nura, iNewsBelu.id
Gunung Lewotobi Laki-Laki di Kecamatan Wulanggitang, Kabupaten Flores Timur, NTT kelurkan asap vulkanik dan lahar dingin. Foto/iNews TV/Joni Nura

FLORES TIMUR, iNewsBelu.id  - Gunung Lewotobi Laki-Laki di Kecamatan Wulanggitang, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) terus mengeluarkan asap vulkanik setinggi 1.000 hingga 1.500 meter dari atas puncak, Sabtu (30/12/2023). 

Selain asap vulkanik, banjir lahar dingin terjang permukiman warga Desa Dulipali, Kecamatan Ile Bura, Kabupaten Flores Timur. Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, warga terpaksa mengungsi ketempat aman yang berjarak sekitar dua kilometer dari permukiman. 

Pantauan iNews, asap kawah bertekanan sedang hingga kuat teramati berwarna putih dengan intensitas tebal dan tinggi 500-800 m di atas puncak kawah. Sejak Kamis (28/12) warga sudah mewaspadai datangnya bencana.

Kepala Balai Pemantauan Gunung Api dan Mitigasi Bencana Gerakan Wilayah Nusa Tenggara, Zakarias Dedu Ghele Raja meminta warga Flores Timur untuk waspada dari dampak erupsi Gunung Lewotobi Laki-Laki bersama banjir lahar dingin. 

”Hasil pemantauan seismograf terdapat gempa vulkanik dan gempa hembusan di Gunung Lewotobi Laki-Laki. Sehingga kami meminta masyarakat disekitar lokasi untuk tetap waspada dan siaga,” kata Zakarias Dedu Ghele Raja, Sabtu (30/12/2023). 

Editor : Stefanus Dile Payong

Halaman Selanjutnya
Halaman : 1 2

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network