Cegah Pemberontakan, Presiden Putin Perintahkan Prajurit Wagner untuk Bersumpah Setia

Andika Henrdra Mustaqim, Evan Payong
Presiden Rusia Vladimir Putin memerintahkan tentara bayaran Wagner untuk bersumpah setia kepada pemerintah. Foto/Reuters

Nigel Gould-Davies, mantan duta besar Inggris untuk Belarus yang sekarang menjadi peneliti senior di Institut Internasional untuk Studi Strategis (IISS), mengatakan pemakaman tersebut akan menjadi hal yang penting. “Jika Putin ingin menekankan bahwa Prigozhin meninggal sebagai pengkhianat, dia akan mengabaikannya,” kata Gould-Davies. “(Sementara) pendukung Prigozhin mungkin menggunakannya sebagai kesempatan untuk memuji dia. Ini merupakan kritik terhadap perilaku perang Kremlin – dan dapat memperkuat permusuhan kelompok loyalis Wagner terhadap Kremlin,” katanya.

Intelijen militer Inggris mengatakan pada hari Jumat bahwa belum ada bukti pasti bahwa Prigozhin ada di dalamnya tetapi “sangat mungkin” dia sudah tewas. Pentagon mengatakan penilaian awalnya adalah bahwa Prigozhin terbunuh. Kantor berita Rusia Baza, yang memiliki sumber baik di kalangan lembaga penegak hukum, melaporkan bahwa para penyelidik fokus pada teori bahwa satu atau dua bom mungkin telah ditanam di dalam pesawat. 

Ketika ditanya tentang masa depan Grup Wagner, yang memiliki serangkaian kontrak menguntungkan di seluruh Afrika dan kontingen di Belarus yang melatih tentara di sana tetapi sekarang tampaknya tidak memiliki pemimpin, juru bicara Kremlin Peskov menjawab dengan singkat.

“Saya tidak bisa memberi tahu Anda apa pun sekarang, saya tidak tahu,” katanya.

Editor : Stefanus Dile Payong

Sebelumnya

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network