get app
inews
Aa Read Next : Heboh, Hanya Nama Alvin Lim Ungkap Ferdy Sambo Tak Ditahan di Sel Lapas Salemba

Luncurkan Tim Tanggap Insiden Siber, Kemenkumham NTT Siap Tanggap Hadapi Perang Siber

Selasa, 14 Juni 2022 | 15:52 WIB
header img
Kepala Kantor Wilayah Kemenkum dan HAM Nusa Tenggara Timur, Marciana Dominika Jone didampingi Garnadi selaku Kepala Divisi Administrasi bersama Kabag Program dan Humas beserta Staf Subbagian Humas, RB dan TI (HRBTI) mengikuti Launching Kumham Computer Security Incident Response Team (KUMHAM-CSIRT) secara virtual di Ruang Multifungsi, Selasa(14/06/2022).

KUPANG, iNews.id - Sigap menyikapi perkembangan ancaman kejahatan siber, termasuk di dalamnya kejahatan penyalahgunaan data, membuat semua pihak harus siap siaga menghadapinya. 

Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) yang menjadi salah satu lembaga yang dipercaya untuk membentuk dan meluncurkan tim tanggap insiden siber atau Computer Security Incident Response Team (CSIRT). Selasa,(14/06/2022)

CSIRT merupakan organisasi atau tim yang bertanggung jawab untuk menerima, meninjau, dan menanggapi laporan dan aktivitas insiden keamanan siber. Beberapa fungsi dari CSIRT diantaranya adalah untuk memberikan layanan reaktif mulai dari koordinasi insiden, triase insiden, dan resolusi insiden.

Sekretaris Jenderal, Komjen Pol. Andap Budi Revianto mengatakan kita harus siap dan tanggap menghadapi perang siber, intoleransi, radikalisme, ancaman terorisme, serta menghadapi ancaman kejahatan lainnya, baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

" Pemanfaatan teknologi yang merusak peradaban bangsa, sangat membahayakan persatuan, kesatuan, dan demokrasi. Hal tersebut harus dapat diatur secara terukur, ucap Andap usai meluncurkan KUMHAM-CSIRT atau Tim Tanggap Insiden Siber Kementerian Hukum dan HAM. 

Sejalan dengan amanat Presiden Republik Indonesia pada saat HUT Kemerdekaan RI," katanya.

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Berita iNews Belu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut