get app
inews
Aa Read Next : Angkut Wisatawan, Kapal Sea Safari 7 Terbakar di Perairan Labuan Bajo NTT

Manggarai Barat NTT Gandeng UCY Tingkatkan SDM

Sabtu, 04 Juni 2022 | 20:34 WIB
header img
Rektor UCY Ciptasari Prabawanti (kiri) dan Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi melakukan penandatanganan MoU di kantor Pemkab Mabar, NTT, Senin (30/5/2022). (Dok : Humas UCY)

YOGYAKARTA, iNews.id-Pemkab Manggarai Barat (Mabar), Nusa Tenggara Timur (NTT) mengandeng Universitas Cokroaminoto Yogyakarta (UCY) untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) dan riset. Langkah ini untuk mendukung Labuan Bajo sebagai kota pariwisata super premium.

Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi dan Rektor UCY Ciptasari Prabawanti mendantangi kerjasama tersebut, di kantor Pemkab Mabar, NTT, Senin (30/5/2022).

Wakil Rektor III UCY, Farid Iskandar mengatakan, penyiapan SDM di Mabar ini penting untuk dilakukan. 

Sebab saat ini pembangunan infrastruktur di Mabar  berlangsung massif. Terutama guna mendukung mendukung Labuhan Bajo sebagai kota pariwisata super premium. 

Padahal pembangunan infrastruktur tanpa diimbangi pengembangan SDM akan terjadi ketimpangan. “Karena itu perlu peningkatan SDM,” kata Farid dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (4/6/2022).

Selain itu, dilibatkannya UCY dalam peningkatkan kapsitas SDM di Mabar juga  dikarenakan mahasiswa asal Mabar di UCY terus meningkat. 

Tercatat  dalam dua tahun ini meningkat hingga 80 orang. Di mana setelah lulus dan pulang ke Mabar mereka bisa berkontribusi ikut andil dalam membangun daerahnya.

“MoU itu arahnya ke sana, agar mahasiswa pulang kampung sudah dalam monitoring Pemda setempat,” katanya.

Melalui MoU tersebut, UCY berharap akan ada penempatan magang di Mabar. Tidak hanya bagi mahasiswa dari Mabar, namun juga mahasiwa dari lintas daerah. Sehingga mereka bisa saling berkolaborasi, dan bisa mengerti dunia nyata.

“Ini juga merupakan desain dalam bentuk teknis program merdeka belajar kampus merdeka. Bahwa, mahasiswa tidak hanya belajar di kampus. Namun, juga akan dilepas di dunia kerja minimal satu semester atau enam bulan,” paparnya.

 

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Berita iNews Belu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut