get app
inews
Aa Read Next : Geger, Dituduh dengan 99 Pelecehan Karyawan Perempuan Wali Kota di Jepang Mengundurkan Diri

Wali Kota di Ukraina yang Ditunjuk Rusia Luka akibat Ledakan

Senin, 23 Mei 2022 | 06:21 WIB
header img
Kota Enerhodar, Ukraina. (Foto: Wikipedia)


KIEV, iNews.id - Seorang wali kota yang ditunjuk Rusia memimpin wilayah pembangkit listrik tenaga nuklir terbesar di Eropa terluka dalam ledakan. Dia kini berada dalam perawatan intensif.  

Seorang pejabat Ukraina dan kantor berita Rusia RIA mengatakan, Andrei Shevchuk, yang ditunjuk Rusia menjadi Wali Kota Enerhodar luka dalam serangan Minggu (22/5/2022). 

"Kami mendapat konfirmasi akurat, dalam ledakan, kepala pemerintahan rakyat Shevchuk dan pengawalnya terluka," kata Wali Kota yang diakui Ukraina, Dmytro Orlov dalam sebuah posting di aplikasi pesan Telegram. Enerhodar merupakan kota dengan populasi sebelum perang lebih dari 50.000 penduduk. Banyak warga kota itu bekerja di dua pembangkit listrik yang terletak di sebelah kota. 

Salah satunya adalah Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Zaporizhzhia. Ini merupakan pembangkit listrik tenaga nuklir terbesar di Eropa.  Ukraina sebelumnya mengeluh, pendudukan Rusia di pabrik itu meningkatkan risiko bencana nuklir. Sayang Reuters tidak dapat secara independen mengkonfirmasi serangan itu. Ukraina pekan lalu mengatakan telah menyerang sebuah kereta lapis baja yang membawa pasukan Rusia di Kota Melitopol, Ukraina selatan yang diduduki. 

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut