get app
inews
Aa Read Next : Heboh Ibu Hamil di Kupang Dievakuasi Lewati Banjir Bandang Untuk Bersalin

Kisah Mama Papua Dibantu Prajurit TNI Melahirkan, Sang Bayi Diberi Nama Raksatama

Jum'at, 22 April 2022 | 18:00 WIB
header img
Prajurit TNI Pos Kotis Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 711/Raksatama membantu mengevakuasi mama Papua yang akan melahirkan. (Foto: TNI.mil.id/Dispenad)

JAKARTA, iNews.id - Prajurit TNI tak hanya bertugas menjaga keamanan dan kedaulatan di perbatasan NKRI. Namun juga hadir untuk membantu kesulitan masyarakat perbatasan dalam berbagai hal. Salah satunya seperti yang dilakukan anggota Pos Kotis Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 711/Raksatama. 

Para prajurit bergerak cepat membantu proses evakuasi ibu hamil yang akan melahirkan di Kampung Skouw Sae, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Papua, Kamis (21/4/2022).

Sebagai bentuk terima kasih, bayi berjenis kelamin laki-laki yang lahir diberi nama Raksatama. Raksatama ini merupakan nama satuan Batalyon TNI AD di perbatasan RI-PNG (Papua Nugini). Komandan Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 711/Raksatama Letkol Inf Mutakbir mengatakan, selain tugas pokok menjaga pengamanan perbatasan, anggota satgas juga berkewajiban membantu dan mengatasi kesulitan masyarakat.

“Apa yang dilakukan satgas merupakan komitmen sejak awal penugasan untuk melaksanakan tugas berorientasi pada kebermanfaatan diri bagi lingkungan dan membantu kesulitan masyarakat perbatasan,” kata Dansatgas, Kamis (21/4/2022). 

Hal ini dilakukan tim kesehatan Pos Kotis yang langsung bergerak cepat setelah mengetahui ada mama Papua hendak melahirkan di Kampung Skouw Sae, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Papua. Ibu ini diketahui bernama Novela (26), Istri dari Alex (30) yang tinggal di Kampung Skouw. Sang ibu lalu dievakuasi tim kesehatan satgas menuju RS Dok II Jayapura.

"Tim Kesehatan Pos Kotis Satgas Pamtas Yonif 711/Raksatama telah berhasil mengevakuasi Ibu Novela ke RS Dok II Jayapura mengunakan mobil ambulans satgas,” kata Dansatgas.

Sementara Sertu Wiji yang turut mengevakuasi bersama 10 orang anggota lainnya mengungkapkan, setiba di RS Dok II Jayapura, petugas kesehatan pun langsung menyambut Ibu hamil dan dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. “Dengan segala upaya yang lakukan dalam menolong Ibu dan bayi, kami bersyukur berkat kegigihan anggota Pos Kotis Satgas, untuk mendapatkan pertolongan pertama sehingga sang anak lahir dengan selamat dan Ibu juga sehat walafiat,” ucapnya.

Ayah bayi, Alex (30) mengucapkan terima kasih kepada TNI yang telah membantu kelancaran proses persalinan istri tercintanya. “Saya senang dan sangat bahagia sekali atas kelahiran Putra ini. Saya berikan nama Raksatama yaitu Ksatria Pelindung Utama, sesuai nama Batalyon ini, karena Bapak-Bapak dari Satgas Yonif 711/Raksatama yang dengan sigap langsung membantu proses persalinan istri saya,” kata Alex.

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Berita iNews Belu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut