get app
inews
Aa Read Next : Pertama di NTT Flores Timur Kembali Raih Penghargaan Kabupaten Peduli HAM dari Kemenkumham

Pastikan Kesiapan Rutan Jelang Ramadhan, Begini Pesan Kadivpas Kemenkumham NTT

Sabtu, 02 April 2022 | 16:32 WIB
header img
Kadivpas,Kanwil Kemenkumham NTT, saat mengunjungi Rutan dam lapas Kupang, Sabtu(02/04/2022)

KUPANG, iNews.id  - Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Nusa Tenggara Timur (Kanwil Kemenkumham NTT), Mulyadi, melakukan monitoring ke Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan (UPT PAS) di Kota Kupang, Sabtu (02/04/ 2022), 

Dengan di dampingi Kabid Yantah Kesrehab Lola Basan Baran Kam), Idam Wahju Kuntjoro. Mulayadi memastikan persiapan UPT PAS di Kota Kupang menyambut bulan suci Rahadhan 1443 H.

Mulyadi kepada semua jajaran Rutan Kupang mengatakan laksanakan tugas pengamanan dengan baik, tolong dibantu tahanan dan narapidana yang beragama muslim dalam melaksanakan ibadah Ramadhan.

 

" Kepada semua jajaran Rutan agar melaksanakan tugas pengamanan secara baik, untuk para tahanan dan narapidan yang beragama muslim untuk tolong dibantu dalam melaksanakan ibadah," ujarnya.

Selian itu karutan Kupang, Muhammad Rizal Fuadi menyampaikan kesiapan  Rutan dalam menyambut bulan suci Ramadhan telah dilakukan dan untuk narapidana dan tahanan di Rutan kupang yang beragama muslim terdapat ada 29 orang, dan sudah di bagi dalam dua kamar hunian.

"Jumlah narapidana dan tahanan Rutan Kupang yang beragama Islam ada 29 orang yang dibagi ke dalam 2 kamar hunian. Mereka akan melaksanakan sholat sunnah Tarawih mulai pukul 19.00 WITA, dilanjutkan dengan tadarus Al Qur'an dan kembali masuk kamar pada pukul 22.30 WITA. Dan untuk sahur bersama dilaksanakan pada pukul 04.00 WITA sampai dengan sholat shubuh," ungkap Rizal.


Setelah mengunjungi rutan Kupang (Kadivpas) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Nusa Tenggara Timur mengunjungi Lapas Kupang. 

" Dilapas Kupang Mulyadi berepsan agar petugas yang beragama Nasrani ikut membantu pengamanan. Pastikan kebersihan tempat berwudhu selalu terjaga, dan untuk berbuka boleh sesekali dengan es sirup dan tape," ujar Mulyadi.

Untuk lapas Kupang terdapat Tiga puluh enam orang narapidana muslim kami beri kesempatan melaksanakan shalat sunnah tarawih di masjid Attaubah sampai dengan pukul 22.00 WITA, dan penempatannya kami distribusikan ke dalam 5 kamar dalam 1 blok. Untuk ekstra fooding bagi narapidana kami memilih menu siklus 5 harian," jelas Badaruddin Kalapas Kupang .

Setelah mengecek langsung kesiapan Lapas Kupang, LPKA Kupang, dan Rutan Kupang juga penguatan Tusi secara virtual kepada seluruh jajaran UPT Pemasyarakatan se NTT Jum'at kemarin, 

Jajaran Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham NTT menyatakan kesiapan menyambut dan memasuki bulan suci Ramadhan 1443 H. Semoga situasi aman kondusif tetap terjaga dan kita memperoleh hikmah dari amalan shalih yang kita jalankan sepanjang bulan suci Ramadhan," pungkas Mulyadi di akhir kunjungan.


 

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Berita iNews Belu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut