get app
inews
Aa Read Next : Unik! Pace-Pace di Distrik Sota Papua Ukur Tinggi Badan saat Posyandu, Demi Kesehatan

Pekerjaan Jalan dan Jembatan di Yahukimo Dihentikan Sementara karena Teror KKB

Rabu, 25 Agustus 2021 | 16:15 WIB
header img
KKB Serang Petugas saat Evakuasi Pekerja di Yahukimo, 4 Polisi Luka (Foto: Istimewa)

JAYAPURA, iNews.id - Balai Besar Pembangunan Jalan Nasional (BPJN) Wamena menghentikan sementara pengerjaan pembangunan jalan dan jembatan di Kabupaten Yahukimo, Papua. Kebijakan ini diambil pascapenyerangan kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Sungai Branza.

Kepala Balai BPJN Wamena, Zepnat Kambu mengatakan, penghentian pengerjaan pembangunan sampai batas waktu yang tidak ditentukan. Hal ini pun sudah dilaporkan ke Kementerian PUPR.

"Kami sudah melaporkan ke Kementerian PUPR, termasuk menjelaskan penyebabnya," kata Zepnat di Kota Jayapura, Papua, Selasa (24/8/2021).

Sementara semua karyawan dari enam perusahaan sudah ditarik dan berada di Kota Dekai untuk menjamin keselamatan mereka. Pengerjaan baru dimulai setelah ada jaminan keamanan dari TNI Polri.

Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius Fakhiri mengatakan, sudah meminta pihak perusahaan yang mengerjakan pembangunan jalan dan jembatan di Kabupaten Yahukimo untuk sementara menghentikan kegiatannya hingga situasi keamanan relatif kondusif.

"Aksi yang dilakukan KKB sudah di luar batas perikemanusiaan," ujar Kapolda.

Sebelumnya KKB pimpinan Tenius Gwijangge membunuh dua orang pekerja pembangunan jembatan, yakni Rionaldo Raturoma dan Didi Imam Pamuji pada Minggu (22/8/2021). Jasad ditemukan hangus terbakar, bersamaan dengan mobil pikap perusahaan di pinggir Sungai Branza. 

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut