get app
inews
Aa Read Next : Dirawat Usai Bakar Diri Demi Bela Palestina Tentara AS Dikabarkan Meninggal Dunia

Bantu Ukraina, 70 Tentara Jerman Tiba di Lithuania

Selasa, 15 Februari 2022 | 06:34 WIB
header img
Pesawat militer yang mengangkut tentara Jerman mendarat di Lithuania. (Foto: Reuters)

VILNIUS, iNews.id - Pesawat militer yang mengangkut tentara Jerman mendarat di Lithuania. Ada 70 tentara dari total 360 pasukan yang rencananya akan dikerahkan terkait meningkatnya ketegangan Rusia-Ukraina.  

Pesawat A400M mendarat di Bandara Kaunas, Lithuania, Senin (14/2/2022). Ini merupakan yang pertama dari beberapa penempatan yang direncanakan. 

Pengerahan militer termasuk artileri, pasukan pengintai hingga petugas medis Jerman diperkirakan akan tiba sepanjang pekan ini.  Kanselir Jerman, Olaf Scholz dijadwalkan tiba di Kyiv Senin ini untuk bertemu dengan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskiy. Kedatangannya dalam upaya untuk menunjukkan solidaritas dan membantu mencegah perang. 

Pada Selasa, Scholz akan terbang ke Moskow untuk bertemu dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin. Sejak 2017, NATO telah mengerahkan kelompok tempur di Lithuania, Latvia, Estonia, dan Polandia sebagai tanggapan terhadap Rusia yang mencaplok semenanjung Krimea dari Ukraina pada 2014. 

Dengan total 5.000 tentara, kelompok pertempuran dipimpin oleh Jerman, Kanada, Inggris, dan Amerika Serikat. Tentara Jerman membentuk sekitar setengah dari 1.100 kelompok pertempuran berkekuatan pasukan yang sudah ada di Lithuania. Kelompok ini mencakup pasukan dari Belgia, Ceko, Luksemburg, Belanda dan Norwegia.
 

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut