get app
inews
Aa Read Next : Kabupaten Alor NTT Diguncang Gempa M4,8

Cuaca Ekstrem, ASDP Tutup Pelayaran di NTT Sementara

Kamis, 14 Maret 2024 | 16:20 WIB
header img
Ilustrasi (Foto:MPI )

Pihaknya memprakirakan, gelombang laut berpotensi menerjang dengan ganas hingga mencapai ketinggian 5 meter di beberapa titik wilayah perairan NTT hingga Jumat 15 Maret 2024.

"Waspada gelombang laut dengan ketinggian 3,0-5,0 meter di Perairan utara Flores, Selat Sape bagian selatan, Laut Sawu, Selat Sumba bagian barat, Perairan Kupang-Rote, Samudera Hindia selatan Kupang-Rote dan Samudera Hindia selatan Sumba-Sabu," ungkap Prakirawan Nur Ida Hasana, Selasa (12/3/2024).

Gelombang tinggi di 7 titik wilayah perairan ini, disampaikannya, sangat berisiko tinggi terhadap perahu nelayan dan kapal tongkang hingga bahkan bisa membahayakan kapal feri.

Adapun kondisi sinoptik atau keadaan udara permukaan di wilayah NTT umumnya menunjukkan angin bertiup dari arah Barat-Barat Laut dengan kecepatan 2-8 Skala Beaufort.

Hal ini dipicu oleh perubahan atmosfir yang didukung aktifnya Gelombang Kelvin dan Gelombang Equatorial Rosby serta fenomena Madden Julian Oscillation (MJO), yang mengakibatkan naiknya curah hujan dan angin kencang.

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Berita iNews Belu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut