get app
inews
Aa Read Next : Kodi Sumba Barat Daya NTT Diguncang Gempa Magnitudo 2,8

Dahsyat Gempa 7,6 Jepang 6 Orang Tewas

Selasa, 02 Januari 2024 | 06:08 WIB
header img
Gempa dahsyat yang mengguncang Jepang Tengah bagian utara pada Senin (1/1/2024) menyebabkan hancurnya banyak bangunan, termasuk rumah penduduk. (Foto: Reuters)

Hampir 33.000 rumah tangga masih mengalami pemadaman listrik di Prefektur Ishikawa pada Selasa pagi, menurut situs web Hokuriku Electric Power 9505.T.  Badan Rumah Tangga Kekaisaran mengatakan, pascabencana tersebut, mereka akan membatalkan penampilan Tahun Baru Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako yang sedianya diadakan pada Selasa ini. 

Kondisi pembangkit nuklir 

Gempa kali ini terjadi pada saat yang sensitif bagi industri nuklir Jepang, yang menghadapi perlawanan sengit dari beberapa penduduk setempat sejak gempa bumi dan tsunami 2011 memicu krisis nuklir di Fukushima. Seluruh kota hancur akibat bencana itu.  Otoritas Regulasi Nuklir Jepang mengatakan, tidak ada penyimpangan yang ditemukan di berbagai pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) di sepanjang Laut Jepang, termasuk lima reaktor aktif di pembangkit listrik 9503.T Ohi dan Takahama milik Kansai Electric Power di Prefektur Fukui. 

Badan tersebut mengatakan, Pembangkit Listrik Shika milik Hokuriku Electric, yang paling dekat dengan pusat gempa, telah menghentikan dua reaktornya sebelum gempa terjadi untuk pemeriksaan rutin dan tidak melihat dampak apa pun dari gempa tersebut.

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Berita iNews Belu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut