get app
inews
Aa Read Next : Keterlaluan, Pencuri Gasak Uang Dalam Kotak Derma Di Gereja Katederal, Ini Penjelasan Pastor Paroki

Cuaca Buruk, 3 Bangunan Puskesdes di Belu Ambruk Tertimpa Pohon Tumbang

Selasa, 01 Februari 2022 | 09:19 WIB
header img
Batang pohon kapuk raksasa tumbang menimpa bangunan Polindes dan Puskesdes serta rumah karang taruna di Desa Kenebibi, Senin (31/01/2022)

ATAMBUA, iNews.id - Hujan deras disertai angin kencang yang melanda wilayah Kabupaten Belu sejak pagi hingga sore hari mengakibatkan Tiga bangunan Pusat Kesehatan Desa(puskesdes) di Desa Kenebibi, Kecamatan Kakuluk Mesak Kabupaten Belu ambruk akibat tertimpa batang pohon kapuk raksasa yang tumbang akibat angin ribut, Senin, (31/01/2022) pukul 05.00 sore. 

Meskipun tidak ada korban jiwa dalam musibah ini namun kerugian mencapai ratusan juta rupiah.

Beginilah kondisi tiga bangunan rusak berat akibat tertimpa batang pohon raksasa yang tumbang akibat angin kencang, adapun tiga bangunan yaitu gedung Pusat kesehatan Desa (puskesdes) gedung  Posyanduan Rumah karangtaruna milik pemerintah Desa Kenebibi, ketiga bangunan ini rusak berat usai tertimpa pohon tumbang.

Masyarakat bersama dengan pemerintah Desa setempat  membantu mengevakuasi barang milik korban ke tempat yang lebih aman. 

Selain bangunan Puskesdes di Desa Kenebibi pohon tumbang juga terjadi di kelurahan Fatubenao yang menimpa rumah warga.

Nobert bere warga Fatubenao mengatakan, hujan disertai dengan angin kencang yang terjadi sejak pagi mengakibatkan pohon besar ini tumbang dan menimpa rumah warga. Norbert menjelaskan saat kejadian dirinya sedang berada didalam rumah ketika mendengar bunyi besar sontak dirinya keluar dan melihat pohon besar ini sudah jatuh dan menimpa rumah.

" Hujan disertai dengan angin kencang ini sudah terjadi sejak pagi hari, hal ini mengakibatkan pohon besar ini tumbang dan mengenai rumah warga ini," ujar Norbet.

Saat kejadian ini kami semua ada dalam rumah  karena di luar sedang hujan dan angin namun ketika mendengar bunyi yang keras kami lari keluar pohon ini sudah tumbang dan menindih rumah warga ini, atas kejadian ini kami sudah melaporkan ke pihak BPBD namun hingga saat ini petugas belum juga datang untuk membersihkan batang kayu ini," ungkapnya.

Selian itu kepala Puskesmas Atapupu Daud Dai mengatakan,  kejadian ini terjadi sekitar pukul 05.00.WIT saat itu sedang terjadi hujan lebat disertai dengan angin kencang yang mengakibatkan pohon raksasa ini tumbang dan menimpa tiga bangunan ini meskipun tidak ada korban jiwa namun sebagain gedung bangunan ini rusak berat dan untuk sementa waktu belum bisa digunakan untuk penguninya kini di evakuasi ke tempat yang lebih aman.

" Kejadian ini terjadi tepat pukul 05.00 WIT sore tadi dan saat itu sedang terjadi hujan lebat disertai angin kencang hal ini mengakibatkan pohon kapuk raksasa tumbang dan menindih 3 bangunan ini,meskipun tidak ada korban jiwa namun semua bangunan ini rusak berat dan belum bisa dipergunakan saat ini," katanya.

Untuk petugas kesehatan yang menghuni tempat ini kita evakuasi ke rumah lain yang lebih aman, dan untuk bangunan polindes dan rumah karantina serta rumah tinggal bagi tenaga kesehatan yanbg bertuags di puskesdes ini untuk saat ini belum bisa di pergunakan dikarenakan mengaklami rusak berat. 
 

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Berita iNews Belu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut