get app
inews
Aa Read Next : Gugatan di PTUN Segera Disidangkan, PDIP Minta KPU Tunda Umumkan Hasil Pilpres 2024

PDIP Tolak Gubernur Jakarta Ditunjuk Presiden, Simak Ini 4 Alasannya

Kamis, 07 Desember 2023 | 12:27 WIB
header img
PDIP menolak usulan Gubernur dan Wakil Gubernur Daerah Khusus Jakarta (DKJ) ditunjuk oleh Presiden. Ini 4 alasannya. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - PDIP menolak usulan Gubernur dan Wakil Gubernur Daerah Khusus Jakarta (DKJ) ditunjuk oleh Presiden. Usulan tersebut dianggap memundurkan proses demokrasi. 

"Saat masih menjadi ibu kota negara, Jakarta sudah mempraktikkan proses demokrasi yang baik. Bahkan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jakarta menjadi barometer demokrasi nasional karena tumbuhnya partisipasi kritis warga Jakarta," Ketua DPP PDIP Said Abdullah dalam keterangannya, Kamis (7/12/2023). 

Dia mengatakan, Pilgub DKI Jakarta telah melahirkan tokoh nasional seperti Joko Widodo, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) hingga Ali Sadikin. Dia meminta praktik demokrasi yang tumbuh baik itu tidak ditarik lagi seperti zaman kegelapan dan otoritarian seperti masa Orde Baru (Orba). Dia mengungkap ada empat alasan PDIP menolak usulan tersebut. 

Pertama, kekhususan Jakarta tidak boleh menjadi dasar Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta dipilih oleh Presiden selaku kepala pemerintahan karena tidak berkaitan. 

"Rumusan kekhususan Jakarta harus diterjemahkan sebagai bagian dari daerah yang menyimpan sejarah perjuangan bangsa dan negara, sekaligus daerah yang menjadi pusat kegiatan bisnis dan keuangan berskala nasional dan internasional," kata Said. 

Kedua, kewenangan kekhususan yang dijabarkan dalam RUU DKJ dianggap belum sepenuhnya menggambarkan peran dan posisi Jakarta sebagai wilayah bersejarah dalam perjuangan bangsa dan negara serta pusat kawasan bisnis dan keuangan berskala nasional dan internasional.

"Meskipun dalam RUU DKJ tersebut telah detail mengatur kewenangan kekhususan Jakarta, namun ada hal yang luput dimasukkan, seperti kewenangan tata kelola pemajuan sejarah bangsa di Jakarta," katanya. 

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Berita iNews Belu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut