get app
inews
Aa Read Next : Kebakaran Hebat, Dokumen dan Alsintan Milik UPT Perbenihan dan Pertanian NTT Hangus Terbakar

33 Ekor Biawak Timor Dilepasliarkan di Hutan Kateri Kabupaten Malaka NTT

Selasa, 05 Desember 2023 | 11:53 WIB
header img
Biawak Timor (Varanus Timorensis), dilepasliarkan di Kawasan Suaka Margasatwa Kateri, Kabupaten Malaka, NTT foto BBKSDA NTT)

BETUN, iNewsBelu.id - Balai besar KSDA NTT pada Minggu, 3 Desember 2023 kembali melepasliarkan 33 ekor biawak timor di hutan kateri Kabupaten Malaka Nusa Tenggara Timur.

Penetapan Perlindungan satwa biawak timor dilakukan sesuai kriteria yang diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1999 tentang Pengawetan Tumbuhan dan Satwa yakni : populasinya kecil, terjadi penurunan yang tajam pada jumlah individu di alam serta penyebaran terbatas (endemik).

Kawasan Suaka Margasatwa Kateri dengan luasan total 4.699,32 hektar dipilih sebagai lokasi pelepasliaran mengingat lokasi penangkapan satwa biawak timor ini pada kawasan Areal Penggunaan Lain (APL) oleh tersangka relatif dekat dengan SM Kateri. Bagian lokasi kawasan yang dipilih kondisinya merupakan hutan dengan kondisi tutupan yang baik serta tingkat partisipasi masyarakat desa di sekitarnya yang sangat mendukung terpeliharanya kawasan SM Kateri.

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Berita iNews Belu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut