get app
inews
Aa Read Next : Terungkap! ini Titipan Pesan Presiden Jokowi ke 4 Menteri Sebelum Sidang di MK

Resmi Buka KTT ASEAN ke-43, Presiden Jokowi Sebut Dunia sedang Tidak Baik-baik Saja

Selasa, 05 September 2023 | 13:58 WIB
header img
Buka KTT ASEAN ke-43, Jokowi Sebut Dunia sedang Tidak Baik-baik Saja

JAKARTA, iNewsBelu.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi membuka KTT ASEAN ke-43. Dalam kesempatan itu, ia mengungkap kondisi bahwa dunia sedang tidak baik-baik saja. 

Menurut Jokowi, ia sering mendengar kabar mengenai terpecahnya ASEAN. Dirinya juga mendengar kabar mengenai keraguan ASEAN yang bisa melaju terus atau tidak.

"Memang akhir-akhir ini saya sering mendengar pertanyaan publik terkait ASEAN yaitu apakah ASEAN akan terpecah dan tidak bisa bersatu? apakah kapal ASEAN mampu terus melaju?" kata Jokowi dalam sambutannya pada pembukaan KTT ke-43 ASEAN, Selasa (5/9/2023). Jokowi menegaskan bahwa kesatuan ASEAN hingga saat ini masih terjaga dengan baik.

"Yang Mulia, pada momentum yang baik ini sebagai anggota keluarga dan sebagai ketua ASEAN saya ingin menegaskan bahwa kesatuan ASEAN sampai dengan saat ini masih terpelihara dengan baik," ucapnya. 

Menurut Jokowi, kesatuan untuk diartikan tidak ada perbedaan pendapat. Sebab katanya, sebagai negara yang memiliki beragam suku, budaya, bahasa dan agama bagi Indonesia kesatuan adalah sebuah harmoni dalam perbedaan.

"Termasuk di dalamnya perbedaan pendapat. Karena perbedaan pendapat justru menyuburkan demokrasi, justru menunjukkan bahwa kita sebagai keluarga memiliki kedudukan yang setara," tuturnya. Kesetaraan saat ini, kata Jokowi, dirinya melihat sudah menjadi barang langka di dunia. 

Banyak ketidakadilan dan konflik terjadi akibat tidak adanya kesetaraan.  Namun ia menilai di kawasan Asia Tenggara justru berbeda. Sebab, kesetaraan dihormati dan dijunjung bersama.

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Berita iNews Belu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut