get app
inews
Aa Read Next : Kecewa pada Pemerintah, Massa Buruh Bakar Spanduk Bergambar Jokowi

Inilah Makna dan Filosofi Baju Adat Tanimbar Maluku yang Dipakai Presiden Jokowi

Rabu, 16 Agustus 2023 | 10:37 WIB
header img
Presiden Joko Widodo (Jokowi) terpantau mengenakan baju adat Tanimbar Maluku di Rapat Tahunan MPR RI 2023 di Gedung Nusantara Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (16/8/2023). (Antara)

3. Motif nan unik dan penuh filosofi 

Motif dan warna kain tenun ikat tanimbar ini cukup bervariasi. Kain ini didominasi garis-garis dengan ruang kosong dan diselingi corak-corak sederhana yang terinspirasi dari keindahan alam daerah Tanimbar. Mulai dari motif-motif hewan, tumbuhan hingga manusia.  

Kain tenun khas Maluku ini tak hanya indah tetapi juga menyimpan filosofi dan makna kehidupan masyarakat setempat. Para pengrajin kain tenun di Kabupaten Tanimbar terus berinovasi menciptakan corak dan motif-motif unik pada lembaran kainnya. 

Hingga saat ini tenun ikat Tanimbar membunyai kurang lebih 47 variasi motif. Berikut beberapa motif kain tenun ikat tanimbar serta makna yang terkandung didalamnya :  

* Motif bunga anggrek merupakan motif utama pada kain tenun ikat Tanimbar yang melambangkan kecantikan, keagungan, dan keuletan. * Motif Sair, yaitu berupa bentuk bendera yang berarti sebuah kemenangan. Motif ini melambangkan semangat masyarakat tanimbar dalam menjalani kehidupan, menjaga identitas serta membela dan melindungi wanita. 
* Motif tunis, bentuknya seperti anak panak tunggal dan kembar. Maknanya adalah masyarakat Tanimbar harus senantiasa berhati-hati dan selalu sigap mengadapi ancaman. Motif tunis juga melambangkan kekuatan dan kesiapan mental kaum wanita tanimbar untuk menghadapi tantangan dan rintangan hidup.

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Berita iNews Belu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut