get app
inews
Aa Read Next : Senjata Milik Polisi Dirampas OTK di Ilaga, Ini Kata Kapolda Papua

Kok Bisa Ya? KKB Bikin Markas di Belakang Kantor Bupati Yahukimo

Rabu, 02 Agustus 2023 | 19:51 WIB
header img
Tim gabungan TNI-Polri menggerebek markas Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Kodap XVI Yahukimo pimpinan Kopi Tua Heluka, di belakang kantor Bupati Yahukimo. Foto/Ist.

YAHUKIMO, iNewsBelu.id  - Penggerebekan tim gabungan TNI-Polri terhadap markas Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan, mengungkap fakta yang mencengangkan. Markas KKB tersebut, ternyata berada di belakang kantor Bupati Yahukimo.


Dari foto-foto yang dipublikasikan Satgas Damai Cartenz, terlihat sebuah bangunan semi permanen beratap tenda biru dan beralaskan papan kayu yang selama ini ditempati anggota KKB Kodap XVI Yahukimo pimpinan Kopi Tua Heluka.

Kepala Operasi Satgas Damai Cartenz-2023, Kombes Pol. Faizal Ramadhani mengungkapkan, terungkapnya keberadaan markas KKB di Yahukimo ini berawal dari penangkapan seorang pria berinisial AS. Penangkapan dilakukan tim gabungan TNI-Polri di Pasar Lama Yahukimo.

Dari penangkapan AS tersebut, menurut Faizal diperoleh informasi tentang keberadaan markas KKB Yahukimo pimpinan Kopi Tua Heluka, yang ada di belakang Kantor Bupati Yahukimo. Pasukan gabungan TNI-Polri langsung melakukan pengrebekan markas tersebut.

Penggerebekan markas KKB tersebut, melibatkan pasukan dari Satgas Damai Cartenz, Satgas Aman Nusa I, Kompi 3 Batalyon D Satuan Brimob Polda Papua, serta Polres Yahukimo. 

"Penindakan ini dilakukan, meyikapi gangguan tembakan yang dilakukan oleh KKB ke Pos Brimob, pada Senin (31/7/2023) tengah malam," ujar Faizal.

Saat pengrebekan, terjadi perlawan dari KKB sehingga kontak tembak tak dapat dihindari. Akibat kontak tembak tersebut, dua anggota KKB berhasil dilumpuhkan.

 Sedangkan satu anggota Satgas Aman Nusa I, Bharatu Jogianus Ricko mengalami luka tembak di paha kiri, dan telah dievakuasi ke RSUD Dekai Yahukimo untuk mendapatkan perwatan medis.

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Berita iNews Belu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut