get app
inews
Aa Read Next : 2 Komandan KKB yang Tewas Ditembak Satgas Damai Cartenz di Tembagapura, Ini Identitasnya

Distribusi Bantuan Kelaparan di Papua Tengah Dihambat OPM, Ini Kata BNPB

Selasa, 01 Agustus 2023 | 11:36 WIB
header img
Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto. (Foto: Muhammad Farhan)

JAKARTA, iNewsBelu.id - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengungkapkan gangguan keamanan dari Organisasi Papua Merdeka (OPM) menghambat distribusi bantuan untuk bencana kelaparan di Papua Tengah. Bantuan itu sejatinya disalurkan bagi 7.500 warga yang kelaparan akibat cuaca dingin. 

 “Masih ada gangguan keamanan ini dari Organisasi Papua Merdeka (OPM), sehingga terkadang bantuan-bantuan rutin yang didatangkan melalui udara ini juga terhambat, terhambat oleh gangguan-gangguan keamanan tersebut begitu,” ujar Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto dalam keterangannya, dikutip Selasa (1/8/2023).

Akibat bencana kelaparan ini, sebanyak enam orang meninggal dunia. Satu di antaranya adalah seorang bayi yang meninggal diduga dikarenakan diare dan dehidrasi. “Jadi ini setiap tahun ini terjadi di daerah yang sama, memang yang tahun ini lebih ekstrem sehingga sampai ada yang meninggal gara-gara kelaparan begitu ya. Ada beberapa ribu pengungsi, jadi masalahnya memang agak pelik dan harus dipecahkan secara terpadu,” kata Suharyanto.

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Berita iNews Belu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut