get app
inews
Aa Read Next : Senjata Milik Polisi Dirampas OTK di Ilaga, Ini Kata Kapolda Papua

Negosiasi Pembebasan Pilot Susi Air, Polisi Libatkan Gereja

Kamis, 25 Mei 2023 | 10:25 WIB
header img
KKB merilis foto dan video kondisi terkini Pilot Susi Air, Philips Mark Mehrtens, usai satu bulan lebih disandera. (Foto: Istimewa)

JAYAPURA, iNewsBelu.id - Kapolda Papua, Irjen Pol Mathius D Fakhiri, mengatakan operasi pembebasan Pilot Susi Air, Philip Mark Mehrtens, yang disandera Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) kelompok Egianus Kogoya, terus dilakukan. Proses negosiasi akan dikedepankan dengan melibatkan pihak gereja.

“Saya berbicara dengan berbagai pihak tentang proses negosiasi ini, termasuk dengan pihak gereja yang di dalamnya ada Dewan Gereja dan Uskup yang akan semaksimal mungkin melakukan negosiasi dengan kelompok Egianus Kogoya untuk bisa melepas pilot yang dibawanya,” ujar Fakhiri, dikutip dari Portal Polda Papua, Kamis (25/5/2023).

Dia mengatakan, Satgas Damai Cartenz saat ini juga tengah menyiapkan langkah-langkah penegakan hukum tegas dan terukur.  “Tentunya negosiasi bisa dilakukan dengan siapa saja, saya membuka diri untuk semua pihak, yang dari awal yakni pihak Pemerintah Nduga bekerja sama dengan kapolres, kemudian ada juga pihak dari Komnas HAM yang menawarkan diri dan kami terima,” ujar dia.

Lebih lanjut, kata dia, Polda Papua juga telah mengutus tim khusus untuk bernegosiasi dan memfasilitasi seluruh pihak yang ingin membantu membebaskan pilot Susi Air. 

“Saya berharap negosiasi tersebut menghasilkan hasil yang baik, kita memberikan kesempatan kepada kelompok Egianus bisa mengembalikan pilot melalui jalur negosiasi secara baik," kata dia.

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Berita iNews Belu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut