get app
inews
Aa Read Next : Geger, Anggota TNI Raider 900 Dikeroyok di Lapangan Futsal Kerobokan Bali

Sadis, Pasien Aborsi Dokter Arik di Bali Mencapai 1.338 Orang

Rabu, 17 Mei 2023 | 21:04 WIB
header img
Inilah tampang Dokter Arik yang membuka praktik aborsi ilegal di Bali yang pasiennya mencapai ribuan. Foto: Dok/SINDOnews

DENPASAR,iNewsBelu.id  - Praktik aborsi ilegal dokter Ketut Arik Wijantara (53) sangat mengerikan. Bahkan pasiennya kini mencapai 1.338 orang, sebagian besar adalah pelajar dan mahasiswi. 

Wasir Reskrimsus Polda Bali AKBP Ranefli Dian Candra menyebutkan, dari hasil penyelidikan, Arik merupakan dokter gigi dan tidak tercatat di Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Dia juga tidak punya keahlian melakukan aborsi.

Pasiennya mayoritas anak muda usia produktif. Ada pelajar, mahasiswi dan sudah bekerja tapi belum menikah," katanya, Selasa (16/5/2023).

Praktik aborsi dilakukan dari belajar secara otodidak. Peralatan aborsi dibeli secara online oleh dokter yang telah dua kali dipenjara dalam kasus serupa pada tahun 2006 dan 2009 ini. 

Dokter Arik lalu mulai membuka praktik aborsi pada April 2020. "Dibantu seorang perempuan yang hanya pembantu rumah tangga," papar Candra.

Sementara itu, pemerhati anak Siti Sapurah mendesak polisi mengungkap jaringan dokter Arik. 

"Dia ini dokter gigi, bukan obgyn. Tapi bisa punya keahlian menggugurkan janin," ujarnya. 

Sapurah curiga pengakuan dokter Arik bisa mengaborsi dari belajar secara otodidak hanya untuk menutupi jaringannya yang tidak menutup kemungkinan melibatkan dokter lainnya.

Diberitakan sebelumnya, dokter Arik ditangkap saat baru saja melakukan praktik aborsi kepada seorang pasien di tempat praktiknya di Jalan Raya Padang Luwih Dalung, Kuta Utara, 8 Mei 2023 lalu.

Polisi menyita barang bukti yang terdiri buku catatan rekap pasien, 1 alat USG, 1 dry heat sterilizer plus ozon, 1 bed modifikasi dengan penopang kaki, peralatan kuretase, obat bius, obat paska aborsi, handphone dan uang tunai Rp3,5 juta. Dokter Arik ditangkap untuk ketiga kalinya. 

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Berita iNews Belu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut