get app
inews
Aa Read Next : Kembali Erupsi, Tinggi Kolom Abu Gunung Ile Lewotolok NTT Mencapai 900 Meter

72 Kali Erupsi Gunung Ile Lewotolok di Lembata NTT Disertai Dentuman dan Gemuruh

Minggu, 07 Mei 2023 | 16:22 WIB
header img
Gunung Ile Lewotolok di Lembata, Nusa Tenggara Timur terus mengalami erupsi. Gunung itu sudah 72 kali erupsi dalam sehari disertai dentuman dan gemuruh. (ANTARA/PVMBG)

LEMBATA, iNewsBelu.id - Gunung Ile Lewotolok di Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT) terus mengalami erupsi. Tercatat, pada Sabtu (6/5/2023), gunung itu sudah 72 kali erupsi dalam sehari disertai dentuman dan gemuruh.

KESDM, Badan Geologi, PVMBG Pos Pengamatan Gunungapi Ili Lewotolok, Yeremias Kristianto Pugel, mengatakan, terjadi 72 kali letusan dengan tinggi 200-800 mter dengan warna asap putih, kelabu, dan hitam.

"Letusan disertai lontaran lava pijar dalam radius puncak. Dentuman dan gemuruh dirasakan cukup kuat hingga membuat kaca jendela bergetar," kata Yeremias Kristianto, Minggu (7/5/2023).

Dia menambahkan, asap kawah bertekanan lemah terlihat berwarna putih dengan intensitas sedang hingga tebal dan tinggi 25-500 m di atas puncak kawah.

Sementara guguran terpantau masih dalam area kawah. Saat ini Gunung. IleLewotolok berada pada Status Level II atau waspada.

"Kami mengimbau masyarakat di sekitar Gunung Ile Lewotolok maupun pengunjung, pendaki, wisatawan agar tidak memasuki dan tidak melakukan aktivitas di dalam wilayah radius 2 km dari pusat aktivitas Gunung Ili Lewotolok," katanya.

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Berita iNews Belu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut