get app
inews
Aa Read Next : Sadis! Korban Tewas di Jalur Gaza, Mencapai 34.000 Jiwa

Inilah 5 Negara yang Menolak Bertanding dengan Israel

Sabtu, 01 April 2023 | 08:37 WIB
header img
Israel (Reuters)

PERBINCANGAN mengenai penolakan kedatangan tim nasional (timnas) Israel ke Indonesia, dalam gelaran Piala Dunia U-20 mendatang menjadi perhatian publik. Penolakan ini sesuai dengan amanat UUD 1945 yang menolak segala bentuk penjajahan.

Selain itu, hal tersebut merupakan sikap Republik Indonesia yang telah digaungkan Presiden Soekarno sejak dulu. Bukan hanya Indonesia, sejumlah negara juga menolak Israel. Berikut daftar negara yang menolak Israel, sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (31/3/2023) :

1. Indonesia

Baru-baru ini berbagai pihak di Indonesia menyatakan penolakan kedatangan Tim Nasional Israel ke Indonesia, sehubungan dengan penyelenggaraan Piala Dunia U-20. Indonesia merupakan tuan rumah Piala Dunia U-20 yang rencananya dimulai pada 20 Mei mendatang. Namun, akibat penolakan tersebut, Indonesia dipastikan batal menjadi tuan rumah, sesuai keputusan FIFA.

Penolakan Timnas Israel ini tentunya terkait dengan konflik antara Israel dengan Palestina. Hingga kini, Israel masih melakukan penjajahan terhadap Palestina. Hal ini tidak sejalan dengan amanat konstitusi UUD 1945. Bahkan sejak dulu Presiden Soekarno tegas menolak Timnas Indonesia untuk bertanding melawan Israel di kualifikasi Piala Dunia 1958.

2. Malaysia

Tak hanya Indonesia, Malaysia juga pernah mengalami hal yang sama di tahun 2019. Saat itu Malaysia ditunjuk sebagai tuan rumah kejuaraan Pararenang Dunia 2019. Namun menuju pelaksanaan, pemerintah Malaysia menolak kedatangan atlet Israel. Saat itu, Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia Syed Saddiq Syed Abdul Rahman dengan tegas menolak kedatangan atlet Israel ke Malaysia. Baginya, jika menerima atlet Israel, maka Malaysia tidak memiliki moral.
 

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Berita iNews Belu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut