get app
inews
Aa Read Next : Bantuan Militer Senilai Rp51,6 Triliun dari Jerman untuk Ukraina di Batalkan

Astaga, Dokumen Rahasia Rusia Bocor Ternayat Isinya Strategi Perang Dunia Maya

Sabtu, 01 April 2023 | 06:27 WIB
header img
Dokumen rahasia dari perusahaan keamanan siber Rusia, NTC Vulkan bocor. (Foto: Pixabay)

Pekerjaan perusahaan terkait dengan layanan keamanan federal (FSB), agen mata-mata domestik, divisi operasional dan intelijen angkatan bersenjata (GOU dan GRU) serta organisasi intelijen asing Rusia (SVR).

Salah satu dokumen menyebut sistem serangan dunia maya Vulkan berhubungan dengan Sandworm. Itu merupakan grup peretas terkenal yang menurut pemerintah Amerika Serikat (AS) sudah dua kali menyebabkan pemadaman listrik di Ukraina, mengganggu Olimpiade di Korea Selatan (Korsel) dan meluncurkan malware paling merusak secara ekonomi dalam sejarah, NotPetya. 

Sistem lain, Amezit, merupakan cetak biru untuk mengawasi dan mengendalikan internet di wilayah-wilayah di bawah komando Rusia. Sistem itu juga memungkinkan disinformasi melalui profil media sosial palsu.

Sistem ketiga yang dibangun Vulkan, bernama Crystal-2V. Itu merupakan program pelatihan untuk operasi siber untuk meruntuhkan infrastruktur kereta api, udara, dan laut. Lima badan intelijen barat mengonfirmasi bahwa file Vulkan itu tampaknya asli. Namun, baik perusahaan vulkan dan Rusia tidak menanggapi banyak permintaan komentar terkait bocornya file tersebut.

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut