get app
inews
Aa Read Next : Miris, Sewa PSK Online Saat Tugas Amankan KTT G20 Polisi Tewas Ditikam 2 Pelaku Ditangkap

400 Prajurit Satuan Tugas Pasukan Khusus Kogabpadpam VVIP Siap Amankan KTT G20 di Bali

Minggu, 13 November 2022 | 19:55 WIB
header img
Satgaspassus yang tergabung dalam Komando Gabungan Terpadu Pengamanan Very Very Important Person (Kogabpadpam VVIP) mengerahkan kurang lebih 400 personel untuk mengamankan KTT G20 di Bali. (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsBelu.id - Sebanyak 400 Prajurit Satuan Tugas Pasukan Khusus (Satgaspassus) TNI yang tergabung dalam Komando Gabungan Terpadu Pengamanan Very Very Important Person (Kogabpadpam VVIP) di terjunkan  untuk mengamankan KTT G20 di Bali pada 15-16 November 2022 mendatang. 

Satuan ini memang memiliki tugas pokok menjalankan operasi khusus. Kabidpenum Puspen TNI, Kolonel (Mar) Gugun Saeful Rachman menjelaskan Satgaspassus Kogabpadpam VVIP mempunyai tugas pokok menyiapkan dan menyiagakan operasi khusus selama gelaran KTT G20 tersebut. Kemudian melaksanakan koordinasi dengan instansi lain terkait penyiagaan operasi khusus dalam Opspam VVIP.

"Selanjutnya menyiapkan kekuatan untuk siap bergerak dalam segala situasi untuk mengamankan VVIP, menempatkan personel di tempat penginapan maupun di tempat kegiatan bagi VVIP selama Opspam VVIP, dan melaporkan setiap perkembangan situasi yang terjadi di wilayah kepada Pangkogabpadpam serta beralih ke operasi selanjutnya atas perintah," ucap Gugun, Minggu (13/11/2022). 

Di samping mengerahkan 400-an personel, Satgaspassus yang terdiri atas pasukan khusus dari matra darat, laut, dan udara juga mengerahkan Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista). Antara lain berupa pesawat udara, helikopter jenis Bell dan Super Puma, kendaraan taktis bushmaster, atav full armor, infader EOD, trailer bomb, dan beberapa unit sea reader serta jetski.
 

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Berita iNews Belu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut