get app
inews
Aa Read Next : Tinggi Letusan 1.000 Meter di Atas Puncak Gunung Semeru Kembali Erupsi

Penampakan Gunung Semeru Pascaerupsi dari Kokpit Pilot Lion Air

Selasa, 07 Desember 2021 | 12:55 WIB
header img
Pilot Lion Air, Kapten Ruud Van Pangemanan, memperlihatkan penampakan Gunung Semeru pascaerupsi, dalam penerbangan dari Jakarta menuju Denpasar, Minggu (5/11/2021). (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id – Pilot Lion Air, Kapten Ruud Van Pangemanan, memperlihatkan penampakan Gunung Semeru pascaerupsi dalam penerbangan dari Jakarta menuju Denpasar. Pengalaman tersebut, dibagikan Kapten Ruud melalui video dari kokpit pesawat Lion Air yang diterbangkannya, yang diunggah di akun media sosial pribadinya. 

“Hai guys, pagi ini saya akan terbang ke Denpasar. Kita akan melewati volcanosnya Gunung Semeru ya. Jadi kemarin Gunung Semeru erupsi, nah ini adalah saat yang tepat untuk melewati,” kata Kapten Ruud Van Pangemanan seperti dikutip dari akun Youtubenya, Selasa (7/12/2021).

Kapten Ruud dan crewnya terbang dari Bandara Soekarno-Hatta menuju Bandara I Gusti Ngurah Rai, pada Minggu (5/12/2021). Penerbangan dilakukan satu hari setelah erupsi Gunung Semeru pada Sabtu (4/12/2021). Walau crew sedikit tegang, namun mereka bekerja profesional dan berharap Tuhan melindungi dari debu panas gunung berapi. 

Setelah lepas landas, Kapten Ruud menunjukkan rute yang dilewati, saat tiba di daerah Lumajang, sekitar daerah Gunung Semeru, Kapten Ruud kemudian menunjukkan video pemandangan Gunung Semeru yang tertutup awan, sehingga tidak terlalu jelas.

“Guys posisi kita di sebelah kiri Semeru dan sedikit tertutup awan. Kita tidak bisa melihat dengan jelas dan juga erupsi tidak separah kemarin,” ujar Kapten Ruud. 

Dalam video tersebut, Kapten Ruud terlihat cukup tenang saat terbang melewati daerah erupsi Gunung Semeru. Selain itu, dia juga mencoba merekam kondisi tersebut dari dalam pesawat.

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Berita iNews Belu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut