get app
inews
Aa Read Next : Tersambar Petir saat Panen Padi Ayah dan Anak di Pasuruan Tewas

Fakta Meletusnya Gunung Semeru Hari Ini: Foto Terbaru hingga Jumlah Korban

Sabtu, 04 Desember 2021 | 22:00 WIB
header img
Warga berlarian menjauh ketika Gunung Semeru Meletus, Sabtu (4/12/2021) sore. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Gunung Semeru meletus hari ini, Sabtu (12/4/2021). Gunung yang terletak di perbatasan Kabupaten Malang dan Lumajang ini mengeluarkan awan panas sekitar pukul 15.00 WIB.  

Sebelumnya, gunung Semeru telah mengeluarkan lahar pada pukul 13.30 WIB. Hal ini dikonfirmasi oleh Koordinator Mitigasi Gunung Api Pusat Vulkanologi, dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kristianto.

"Erupsi semeru berupa awan panas guguran, tanggal 4 Desember 2021, diawali dengan kejadian laharan pada pukul 13:30 WIB," ujari dia dikonfirmasi MNC Portal Indonesia, Sabtu (4/12/2021).

Fakta Meletusnya Gunung Semeru 

Kronologi Gunung Semeru Meletus  Gunung Semeru pertama kali mengeluarkan lahar panas pada pukul 13.30 WIB. Berdasarkan pengamatan dari pos PVMBG di dekat Gunung Semeru, puncak Mahameru saat itu tertutup kabut. 

Kemudian, pada pukul 15.00 WIB gunung Semeru meletus dan mengeluarkan awan panas. Saat ini, menurut Kristianto, guguran awan panas mengarah ke Besuk Kobokan, Desa Supit Utang, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang, Jatim.

Berdasarkan foto terbaru gunung Semeru meletus yang dilihat tim iNews.id, kondisi di lokasi langit berwarna gelap dan jalanan diselimuti abu vulkanik. Terlihat juga banyak warga yang panik berlarian.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, sampai saat ini belum ada keterangan adanya korban jiwa atas peristiwa gunung Semeru meletus.

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut