get app
inews
Aa Read Next : Woow Ternyata PM Baru Inggris Rishi Sunak Lebih Tajir dari Raja Charles, Inilah Sumber Kekayaannya

Baru 45 Hari Menjabat Liz Truss, Perdana Menteri Inggris mengundurkan Diri

Kamis, 20 Oktober 2022 | 21:31 WIB
header img
Perdana Menteri Inggris Liz Truss (foto: Reuters)

LONDON, iNewsBelu.id - Perdana Menteri Inggris Liz Truss menyatakan mundur dari jabatannya. Dengan hanya 45 hari menjabat, Liz Truss menjadi Perdana Menteri Inggris tersingkat. Pemegang rekor PM Inggris tersingkat sebelumnya dipegang George Canning yang memerintah selama 119 hari pada tahun 1827.

Liz Truss menggantikan Boris Johnson sebagai PM Inggris pada awal September 2022. Perempuan yang sebelumnya menjabat Menteri Luar Negeri itu mendapat dukungan dari mayoritas anggota Partai Konservatif, menyusul pengunduran diri Johnson. Pemilik nama lengkap Mary Elizabeth Truss itu lantas berangkat ke Balmoral, Skotlandia untuk menemui Ratu Elizabeth II. Di tempat itu dia dikukuhkan sebagai PM Inggris pada 6 September 2022.

Truss menjadi pemimpin Konservatif sekaligus PM Inggris keempat dalam 6 tahun terakhir. Pada masa kepemimpinan Ratu Elizabeth II, Truss menjadi Perdana Menteri ke-15 atau perempuan ketiga. Karier perempuan 47 tahun itu melonjak sejak 2010, saat pertama kali terpilih menjadi anggota parlemen. Empat tahun setelah itu, dia bergabung dengan kabinet pemerintahan PM David Cameron sebagai Menteri Lingkungan Hidup. Dia lalu menjabat Menteri Kehakiman kemudian kepala menteri di Departemen Keuangan di bawah Theresa May. Di masa pemerintahan Johnson, Truss menjabat Menteri Perdagangan Internasional dan Menlu.

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut