get app
inews
Aa Read Next : Korsleting Listrik Polsek Borong Manggarai Timur NTT Terbakar, Dokumen dan 2 Senjata Api Hangus

5 Rumah Hangus di Kabupaten Garut saat Kebakaran di Permukiman Padat Penduduk

Minggu, 16 Oktober 2022 | 18:16 WIB
header img
Kebakaran melanda permukiman padat di garut (Foto : MPI)

GARUT, iNewsBelu.id - Kebakaran menghanguskan lima unit rumah di permukiman padat penduduk Kampung Dayeuhhandap, RT02 RW03, Kelurahan Kota Kulon, Kecamatan Garut Kota, Kabupaten Garut, Minggu (16/10/2022) siang. Dari informasi yang dihimpun, kebakaran yang terjadi sekira pukul 11.00 WIB itu diduga akibat korsleting arus listrik.

Kepala Bidang Pencegahan Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) Garut Dedi Kartiwan, menjelaskan kronologi kebakaran terjadi saat titik api muncul dari sebuah gang kecil di samping salah satu rumah yang terbakar. "Penyebab kebakaran diduga dari korsleting arus listrik," kata Dedi Kartiwan.

Ia menyebut Disdamkar Kabupaten Garut mengerahkan empat unit mobil pemadam untuk menjinakan api. Keempat unit mobil pemadam yang diluncurkan ke lokasi terdiri dari dua unit kendaraan pemadam pancar, dan dua unit kendaraan pemadam supply.

Lokasi kebakaran yang berada di dalam gang perkampungan menyulitkan petugas Damkar dalam upaya pemadaman tersebut. Untuk mengatasi kendala tersebut, petugas membuat pemadaman dilakukan dengan menggunakan dua jalur selang ke titik api dan mengoperasikan floating pump karena ada sumber air di lokasi.

"Karena sulitnya medan, kami lakukan menggunakan dua jalur selang titik api, gunakan floating pump, namun dengan bantuan semua pihak api dapat dipadamkan," paparnya.

Kebakaran yang menghanguskan lima unit rumah itu tidak menimbulkan korban jiwa. Namun, kerugian total yang dialami warga mencapai ratusan juta rupiah.

Salah seorang warga Kampung Dayeuhhandap, Indra (38), mengungkapkan bahwa kebakaran itu membuat warga di kampungnya panik.

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Berita iNews Belu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut