get app
inews
Aa Read Next : Tangkap 2 Simpatisan, Pasukan TNI Kuasai Markas KKB Manfred Fatem di Maybrat

Aksi Heroik Prajurit TNI Bantu Ibu Melahirkan di Tengah Hutan, Hanya Beralaskan Terpal

Sabtu, 27 November 2021 | 07:03 WIB
header img
Prajurit TNI anggota Satgas Pamtas di Papua membantu ibu melahirkan di tengah hutan. (Foto: Pendam XVII) Kasuari)

MERAUKE, iNews.id - Prajurit TNI yang bertugas di perbatasan Indonesia-Papua Nugini membantu persalinan ibu melahirkan di Kampung Rawabiru, Distrik Sota, Merauke. Persalinan darurat di tengah hutan itu dilakukan karena kondisi yang jauh dari fasilitas kesehatan. 

Prajurit TNI yang membantu persalinan merupakan personel Satuan Tugas (Satgas) Pengamanan Perbatasan (Pamtas) Yonif 123/Rajawali di Pos Yakyu. Mereka membantu persalinan seorang ibu bernama Kristin.

"Salah satu pos dengan sigap merespons dan bertindak membantu proses persalinan ibu Kristin saat hendak ke hutan bersama suaminya," ujar Komandan Satgas Yonif 123/Rajawali, Letkol Goklas Silaban dalam keterangan tertulis, Jumat (26/11/2021).

Goklas menceritakan, kronologi bermula ketika salah seorang warga Yakyu datang ke Pos melaporkan bahwasanya ibu Kristin mau melahirkan di salah satu pondok di pinggir hutan dan saat itu hanya ditemani dua orang warga. Dia berteriak-teriak histeris karena terjadi kontraksi pada perutnya yang sedang hamil tua.

Setelah menerima laporan dari warga dengan sigap anggota kesehatan Pos Yakyu menuju lokasi pondok sambil membawa perlengkapan kesehatan yang dimiliki untuk membantu proses persalinan. 

"Lokasi RT 03 Yakyu sangat jauh dari puskesmas dan harus melintasi Rawa dengan jarak kira-kira 30 KM dengan menggunakan ketinting atau perahu kecil. Satu-satunya yang bisa diharapkan warga meminta bantuan kepada anggota Pos Yakyu Satgas Pamtas Yonif 123/RW," ujarnya.

Beruntung semuanya berjalan dengan lancar. Kristin melahirkan anaknya dengan selamat meski dengan peralatan seadanya.

"Proses persalinan dilaksanakan di tempat singgah pondok yang hanya beratapkan terpal. Bayinya terlahir dengan selamat walaupun perlengkapan yang kami miliki sangat terbatas,” katanya. 

Keluarga Kristin dan Thomas mengucapkan terimakasih kepada satgas TNI yang telah membantu dalam persalinan anaknya dengan sehat dan selamat.

"Sekali lagi saya ucapkan terimakasih pada Pos TNI yang telah membantu kelahiran anak kami,"ujar Kristin.

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Berita iNews Belu di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut