get app
inews
Aa Read Next : Sadis! 3 Oknum TNI AL Aniaya Warga Kupang hingga Tewas, Dipicu Masalah Keluarga Simak Kronologinya:

Kendaraan Tempur dan Ratusan Prajurit Marinir TNI AL Serbu Karawang, Ada Apa?

Sabtu, 27 November 2021 | 06:52 WIB
header img
Sejumlah alutsista dan ratusan prajurit Marnir TNI AL menyerbu Karawang, Jawa Barat, Jumat (26/11/2021). (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Pesawat Cassa, Helly Bell, Tank Amfibi, BMP 4, Howitzer, Meriam 105, kendaraan taktis P6 Atav, dan kendaraan tempur Korps Marinir TNI AL menyerbu Karawang, Jawa Barat, Jumat (26/11/2021). 

Tak hanya itu, 862 prajurit Marinir turut diterjunkan. Tak hanya lewat darat, personel Marinir TNI AL juga diterjunkan dari Helly Bell. Mereka dengan sejumlah kendaraan tempur seperti tank langsung menyerbu sasaran.

Adegan-adegan itu merupakan bagian dari Latihan Operasi Pertempuran Kota dan Latihan Taktik Kondisi Tertentu Tahun 2021 Korps Marinir TNI AL. Latihan disaksikan langsung oleh Asops KSAL Laksda TNI Dadi Hartanto dan Dankormar Mayjen TNI (Mar) Suhartono. Dispen Korps Marinir (Kormar) dalam keterangannya mengatakan latihan kali ini melibatkan sebanyak 862 personel dari jajaran Pasmar 1. Ratusan prajurit itu terbagi lagi ke dalam kecabangan Infanteri, Kavaleri, Artileri, Bantuan Tempur, dan prajurit Intai Amfibi.

"Menggunakaan alutsista TNI AL mulai pesawat Cassa, Helly Bell, Tank Amfibi, BMP 4, Howitzer, Meriam 105, kendaraan taktis P6 Atav, dan kendaraan tempur Marinir lain," tulis Dispen Kormar dalam keterangan yang diterima Jumat (26/11/2021) sore.

Dia menjelaskan, Korps Marinir telah beberapa kali menggelar latihan pertempuran kota dan latihan taktik kondisi tertentu. Latihan tersebut laksanakan di beberapa daerah mulai dari Lampung dan Jawa Timur. Sedangkan latihan selanjutnya akan menjajal wilayah Sorong, Papua Barat. pada bulan Desember 2021 mendatang. Asops KSAL, kata Dispen Kormar menyampaikan terima kasih kepada seluruh prajurit Baret Ungu yang telah melaksanakan latihan ini dengan semangat, baik, aman, dan zero accident. 

"Latihan pertempuran kota tersebut dilaksanakan dengan mengutamakan protokol kesehatan," ujarnya.

Editor : Stefanus Dile Payong

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut